MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH BERBASIS AGAMA
Abstract
Abstract: The educational curriculum in Islamic boarding schools has an important role in developing an education system based on local wisdom. The development of the curriculum in Islamic boarding schools is expected to provide a distinctive feature in the dynamics of national education. This qualitative research uses a narrative literature review approach by referring to various manuscripts that discuss education, especially Islamic boarding schools. Data was collected through document review and confirmation through random observation in several sample Islamic boarding schools. The results show that the curriculum development in sekolah still retains its characteristics, although the classical education model is difficult not to be influenced by modern education. Humanistic education is also applied to help students explore their potential naturally. Curriculum reconstruction is needed so that social learning goals can be achieved, so that students are ready to face life in society. The principle of cooperation and mutual respect is emphasized in the learning process to create a conducive atmosphere.
Keywords: Management, Curriculum Development, School
Abstrak Kurikulum pendidikan di sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan sistem pendidikan berbasis kearifan lokal. Pengembangan kurikulum di sekolah diharapkan memberikan ciri khas dalam dinamika pendidikan nasional. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan narrative literature review dengan mengacu pada berbagai manuskrip yang membahas pendidikan, terutama sekolah. Data dikumpulkan melalui telaah dokumen dan konfirmasi melalui observasi acak di beberapa sekolah sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum di sekolah tetap mempertahankan karakteristiknya, meskipun model pendidikan klasik sulit untuk tidak terpengaruh oleh pendidikan modern. Pendidikan humanistik juga diterapkan untuk membantu santri menggali potensi diri secara alami. Rekonstruksi kurikulum diperlukan agar tujuan pembelajaran yang bersifat sosial dapat tercapai, sehingga santri siap menghadapi kehidupan di masyarakat. Prinsip kerjasama dan saling menghargai ditekankan dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana yang kondusif.
Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Kurikulum, Sekolah
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Abdurrahman. 2018. “Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter.” AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman 4 (2): 279–97. https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.336.
Anam, S, and Marsum. 2022. “Manajemen Kurikulum Pesantren Mu’adalah (Studi Kasus Di Madrasah Mu’allimin Islamiyah Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar Palengaan Pamekasan.” AHSANA MEDIA : Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman 8 (2): 209–22. http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia.
Badrudin, Firgiawan Rangga Saputra, Linda Tazkiyatul Munawaroh, Muhamad Sidiq Jaelani, and Hidayat. 2023. “Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren Di MI Al-Khudamat Sumedang.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6 (01): 221–34. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3719.
Firdaus, Firdaus, and Hermawan Hermawan. 2021. “Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren Di Smp Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo.” Tamaddun 22 (2): 113. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i2.3610.
Hakim, Abdul, and N. Hani Herlina. 2018. “Manajemen Kurikulum Terpadu Di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6 (1): 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157.
Ilham, Darul, and Suyatno Suyatno. 2020. “Pengembangan Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Di Pondok Pesantren” 8 (2): 186–95.
Indana, Nurul, and Leni Nurvita. 2020. “Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Di Ponpes Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 4 (1): 29–51. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i1.129.
Kokom, Euis, and Yaya Suryana. 2019. “Manajemen Kurikulum Di Pesantren.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 2 (1): 39–48. https://doi.org/10.15575/isema.v2i1.4995.
Nisaul Mahmudah, Muhammad Thoyib. 2023. “Excelencia” 3 (1): 119–35.
Nurkholis, Nurkholis, and Achadi Budi Santosa. 2022. “Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 7 (2): 113–30. https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i2.17023.
Saihu, Made. 2019. “Manajemen Kurikulum Integratif Di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerah.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 2 (02): 105–16. https://doi.org/doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20.
Sawitri, Sona, Hasyim Asy’ari, and Muhammad Afif Zamroni. 2023. “Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Kompetensi Santri SMA Di Pondok Pesantren.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 9 (2): 151–63. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3960.
Sholihah, Imroatus, Muhibbin Syah, and Badrudin Badrudin. 2022. “Manajemen Kurikulum Pesantren Modern Dalam Meningkatan Mutu Lulusan.” J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah 1 (1): 56–74. https://doi.org/10.62515/staf.v1i1.20.
Syarifah. 2016. “Manajemen Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah Di Pondok Modern Darussalam Gontor.” At Ta’Dib 11 (1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.624.
Yasin, Muhammad. 2022. “Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1 (1): 72–79. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.192.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v8i2.21352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan