PENGARUH PEMBELAJARAN TUHFATUL ATHFAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA AL-QUR’AN ASRAMA AL-CHOLILIYAH PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG

Nafisatul Hannaniah, Dhikrul Hakim, Bakri

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Tuhfatul Athfal di Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Mengetahui kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an di Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Mengetahui pengaruh pembelajaran Tuhfatul Athfal terhadap peningkatan santri dalam membaca Al-Qur’an di Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Adapun populasi dan sampel yaitu seluruh  santri kelas VII asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang yang berjumlah 30 santri. Pada penelitian ini dapat memperoleh hasil penelitian yaitu: Pembelajan Tuhfatul Athfal di Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat pada hasil angket yaitu berada di kategori cukup dengan prosentase sebesar 41,6%. Kemampuan santri membaca Al-Qur’an dikategorikan cukup dengan prosentase sebesar 40%. Hasil penelitian pengaruh pembelajaran Tuhfatul Athfal terhadap kemampuan santri membaca Al-Qur’an dikategorikan relatif tinggi dengan prosentase 63,5%. Keputusan yang di ambil adaah Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh pembelajaran Tuhfatul Athfal terhadap kemampuan santri membaca Al-Qur’an Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

 

Kata Kunci: Tuhfatul Athfal, Kemampuan, Membaca Al-Quran

Abstract: This study aims to determine the learning of Tuhfatul Athfal at Al-Choliliyah Islamic Boarding School Darul Ulum Jombang Islamic Boarding School, Knowing the ability of students to read the Qur'an at the Al-Choliliyah Dormitory Islamic Boarding School Darul Ulum Jombang, Knowing the effect of Tuhfatul Athfal learning on increasing students in reading the Koran at the Al-Choliliyah Dormitory, Darul Ulum Islamic Boarding School, Jombang. This study used a quantitative approach, using data collection techniques in the form of observation, interviews, questionnaires, tests and documentation. The population and sample were all students of class VII at Al-Choliliyah Islamic Boarding School Darul Ulum Jombang, totaling 30 students. In this study it was possible to obtain research results, namely: Tuhfatul Athfal's learning at the Al-Choliliyah Dormitory, Jombang Darul Ulum Islamic Boarding School has gone well, this can be seen in the results of the questionnaire, which is in the sufficient category with a percentage of 41.6%. The ability of students to read the Qur'an is categorized as sufficient with a percentage of 40%. The results of the research on the effect of Tuhfatul Athfal learning on the ability of students to read the Qur'an are categorized as relatively high with a percentage of 63.5%. The decision taken is that Ha is accepted. So there is the influence of Tuhfatul Athfal learning on the ability of students to read the Koran at the Al-Choliliyah Dormitory at Darul Ulum Jombang Islamic Boarding School.

 

Keywords: Tuhfatul Athfal, Ability, Reading Al-Quran

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Jamzuri, Sulaiman Terjemah TuhfatulAtfal diserjai terjemah, Jakarta: Munash Press, 2017.

Al-Quran Kemenag 2002

Al-Jamzury Sulaiman Bin Husain Bin Muhammad, Tuhfatul Athfal, (Terj.) Ahmad Muthohar Bin Abdurrahman Al-Maraqy, Semarang: Toha Putra, 1381 H.

Al-Quddat Muhammad Isham Muflih, Panduan Lengkap Ilmu Tajwid, Jakarta: khazanah pustaka islam,2015.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Aso Sudiarjo, Arni Retno, “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf Dan Makharijul Huruf Berbasis Adroid”, Jurnal Sisfotek Global, Vol. 5 No. 2, 2015.

Asra Sumiati, Metode Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima,2012.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Eva Nugraha, “Ngalap Berkah Quran: Dampak Membaca Al-Quran Bagi Para Pembacanya”, Jurnal Ilmu Ushuluddin, Vol.5, No. 2 (Juli 2018), 119.

Eva Shofiyatun Nisa, Dewi maharani,” Pengaruh Metode Qira’ati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an”, jurnal pendidikan agama islam, Vol. 12, No. 1, 2022.

Fitriyah Mahdali, “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Prespektif Sosiologi Pengetahuan”, Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 2020.

Hasanuddin, Biopsikologi Pembelajaran, Banda Aceh: Press Darussalam, 2017.

Ita Rosita Nur, Irta Aryani, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ Pada Santriwan/Santri Tpq Nurusshlihin Pamulang Kota Tangerang Selatan”, Jurnal Mahasiswa Humanis, Vol. 2, No. 3, 2022.

Mahfud Rois, Pelajaran Ilmu Tajwid, Depok: Kharisma Putra Utama Offset, 2017.

Setiawan M. Andi, Belajar dan Pembelajaran, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2006.

Shilvi, Novita Sari, Syaiful Arif,” Pengaruh Penggunaan Metode Ummi Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampan Membaca Al-Quran Siswa”, jurnal pendidikan ada pembelajaran dasar, vol. 7, No. 1, 2020.

Silviana Nur Faizah, “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran”, Jurnal Pedidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol.1 No. 2, 2017.

Umar Zulkarnaini. Panduan Ilmu Tajwid Praktis, Riau: UIR Press.2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v8i1.21326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan