OPTIMALISASI PENILAIAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MADRASAH

Baraz Yoechva Alfaiz

Abstract


Abstract: This paper aims to explain in detail the dimensions and indicators of teacher performance and to analyze how teacher performance indicators impact the quality of education in Madrasah. This study uses qualitative methods, which results in conclusions that teacher performance includes work results, progress, and teacher efficiency in all aspects of education delivery, including planning and implementing teaching and learning processes, assessment of learning outcomes, student guidance, and fulfillment of teacher duties. The achievement of a teacher is determined not only by academic qualifications but also by applying the necessary competencies. Improving the quality of education is a national strategic issue that is also the focus of studies in education quality management. Teacher achievement determines the madrasah's efficiency in achieving the set educational standards. The professionalism and personality of teachers have a significant influence in improving the achievement of madrasah quality standards. Research findings confirm that good teacher performance and adequate academic qualifications affect the overall quality of education. Therefore, the positive impact of teacher performance and educational qualifications is an important variable in improving education quality.

 Keywords: Assessment Management, Teacher Performance, Academic Quality.

 

Abstrak: Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menjelaskan secara detail dimensi dan indikator kinerja guru serta untuk menganalisis bagaimana indikator kinerja guru berdampak pada mutu pendidikan di madrasah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kinerja guru mencakup hasil kerja, kemajuan, dan efisiensi guru dalam semua aspek penyelenggaraan pendidikan, termasuk perencanaan dan pelaksanaan proses belajar mengajar, penilaian hasil belajar, bimbingan peserta didik, serta pemenuhan tugas-tugas guru. Prestasi seorang guru tidak hanya ditentukan oleh kualifikasi akademik, tetapi juga oleh penerapan kompetensi yang diperlukan. Peningkatan mutu pendidikan merupakan isu strategis nasional yang juga menjadi fokus kajian dalam manajemen mutu pendidikan. Prestasi guru menjadi salah satu faktor yang menentukan efisiensi madrasah dalam mencapai standar pendidikan yang ditetapkan. Profesionalisme dan kepribadian guru memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pencapaian standar mutu madrasah. Temuan penelitian menegaskan bahwa kinerja guru yang baik dan kualifikasi akademik yang memadai berpengaruh pada kualitas pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, dampak positif dari kinerja guru dan kualifikasi akademik merupakan variabel penting dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan.

Kata Kunci: Optimalisasi Penilaian, Kinerja Guru, Kualitas Pembelajaran 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akbarturrahman. 2020. “Strategik Penilaian Kinerja Guru Di Masa Pandemi (Studi Kasus Di MA Midanutta’lim).” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 142–51.

Alhaddad, Muhammad Roihan. 2019. “Manajemen Penilaian Kinerja Guru Di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Salatiga Palembang.” Jurnal Al Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam 2 (2): 1–18.

Alpiq Rizki, Julia Sapira Wardani, M. Hady Al Asy Ary, Nurhasanah Silitonga, Ridha Amirah. 2022. “(Journal Research and Education Studies)” 2 (2): 77–84.

Aswaruddin. 2021. “Manajemen Penilaian Kinerja Guru” 4 (2): 212–22.

Binsa, Ucik Hidayh. 2021. “Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Pelangi Anak Negri Yogyakarta.” Children Advisory Research and Education Jurnal CARE 8 (2): 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD.

Dina, A, D Yohanda, J Fitri, and ... 2022. “Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Edukasi Nonformal 3 (1): 149–58.

Dr. J.R. Raco, M.E., M.Sc. 2010. Metode Penelltlan Kualltatlf Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. PT Grasindo. https://osf.io/mfzuj/.

Fitriani, Siti Khadijah; Nur Ahyani; Yessi. 2017. “Pengaruh Kinerja Guru Dan Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Mutu Pendidikan.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis (J-Mabis) 1 (2013): 60–72.

Huda, Mualimul. 2022. “Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (01): 1–18. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2083.

Ibrahim, Tatang, and Ahmad Rusdiana. 2021. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Edited by Tim Editorial IPS. 1st ed. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Muhammad Kristiawan, Dian safitri & Rena Lestari. 2017. Manajemen Pendidikan. Edited by Edi Harapan Syarwani Ahmad, Tobari. 1st ed. Sleman: CV. Budi Utama.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books. Vol. 1. solo. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org.

Rini Wahyuni Siregar, Uswatun Hasanah Usnur, and Rizki dkk. Rahayu. 2022. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Edited by Makmur Syukri Syafaruddin. CV. Pusdikra Mitra Jaya. 1st ed. Vol. 1. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya. https://doi.org/10.52166/tabyin.v4i01.169.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v8i1.20998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan