INTERNALISASI KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Nora Nasution

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi semangat kebangsaan dan cinta tanah air di sekolah sebagai bagian dari pendidikan karakter. Konsep pendidikan karakter telah digalakkan oleh pemerintah Indonesia sejak masa kepemimpinan Presiden Soekarno. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan empat kriteria, yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi pendidikan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air terdiri dari: a) cinta tanah air, b) bangga dengan negara dan bangsa, c) rela berkorban, dan d) menghormati bendera merah putih Indonesia. Lagu-lagu yang dinyanyikan dalam pendidikan karakter ini antara lain Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Padamu Negeri, Ibu Kita Kartini, Garuda Pancasila, dan Halo-Halo Bandung.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30

Azhima, F. (2022). Model Problem Based Learning Dalam Menulis Teks Eksplanasi. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 68–74. http://repository.lppm.unila.ac.id/3129/

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (memilih diantara lima pendekatan). In Penelitian Kualitatif.

Undang-Undang Ri Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional (2003).

Fachruddin Azmi, M. (2021). Liberalization of Islamic Education. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(3), 172–183.

Fahmi, F., & Firmansyah, F. (2021). Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 83–95. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.262

Fahmi, F., Limbong, M., Firmansyah, F., Mukhtar, M., & Fausi, A. F. (2021). Paradigma Konsep Pembiayaan Pendidikan di Madrasah. Jurnal Amal Pendidikan. https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.19882

Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2), 164. https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384

Firmansyah, F. (2021). Class Together in Realizing the Values of Moderation of Islamic Education Through Multicultural School Culture. International Journal Education Multicultural of Islamic Society, 2(1), 1–12.

Furqan, M., Sakdiah, & Keumangan, T. (2021). PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI (Analisis Kritis Kode Etik Murid Terhadap Guru). PENDALAS:Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 147–173. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/79%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/download/79/59

Hasanah, U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990

Heliany, I., & Sihotang, M. (2022). APPLICATION OF CONJUGAL VISIT IN THE INDONESIAN STATUTORY SYSTEM FOR CORRECTIONAL ASSISTED PERSONS. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 4(2), 164–184. https://doi.org/10.47006/ijierm.v4i2.158

Ibda, H. (2017). RELASI NILAI NASIONALISME DAN KONSEP HUBBUL WATHAN MINAL IMAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM. International Journal Ihya’ ’Ulum Al-Din. https://doi.org/10.21580/ihya.19.2.1853

Kusnan. (2020). PLURALISM RECONSTRUCTION. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 47–61. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.31

Lestari, A. D., Setiawardana, M. Y., & Widyaningrum, A. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI LAGU NASIONAL DI SDN REJOSARI 02 SEMARANG. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v1i1.1110

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Lickona, T. (2013). Character education: The cultivation of virtue. In Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory. https://doi.org/10.4324/9781410603784-32

Limbong, M., Firmansyah, F., & Fahmi, F. (2022). INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan. https://doi.org/10.47006/er.v5i4.12933

Mohamad, S., Kulap, M., & Hamdiyah, L. M. (2018). Historical Education in The Process of Nation Character Building of Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i5.443

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda.

Nurhakim, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK GENERASI MILENIAL. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1172

Priyambodo, A. B. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR PADA SEKOLAH BERLATAR BELAKANG ISLAM DI KOTA PASURUAN. Jurnal Sains Psikologi. https://doi.org/10.17977/um023v6i12017p9-15

Riza, M., & Mistar, J. (n.d.). THE ARTICULATION OF ISLAMIC MULTICULTURAL EDUCATION OF DAYAH MUDI MESRA AL-AZIZI YAH SAMALANGA NETWORK IN ACEH PEACE. In International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism IJIERM (Vol. 4, Issue 2). Retrieved December 9, 2022, from https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/136

Siswanto, S. (2019). PANCASILA SEBAGAI PENGAWAL SOLIDARITAS KEBANGSAAN. Jurnal Pertahanan & Bela Negara. https://doi.org/10.33172/jpbh.v9i1.502

Srinanda, E. (2019). Membangun Generasi Milenial melalui PPK Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i4.160

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Suryana, F. I. F., & Dewi, D. A. (2021). Lunturnya Rasa Nasionalisme Pada Anak Milenial Akibat Arus Modernisasi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.400

Utami, M. F. L. B. (2018). Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kebhinekaan Melaui Lomba Kebersihan dan Keindahan Kelas dengan Tema Adat Nusantara. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.89

Widjanarko, P. (2019). PENANAMAN KARAKTER MELALUI LAGU-LAGU NASIONAL DI PAUD PELITA HARAPAN BANGSA KOTA TEGAL. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4873

Yin, R. (2016). Case Study. In Theory and Methods of Metallurgical Process Integration. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-809568-3.00016-4

Yuliani, M. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tema Pahlawanku Kelas 4 SD Dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1222




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v7i1.15327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan