KONSEP INTERNALISASI NILAI NASIONALISME DALAM KEHIDUPAN DI SEKOLAH

Adena Nurasiah Siregar

Abstract


Abtrak: Internalisasi nilai nasionalisme merupakan hal yang penting dalam membentuk karakter siswa di sekolah. Nilai nasionalisme adalah sikap dan karakter yang mencintai, menghargai, dan memperjuangkan bangsa dan negara Indonesia. Sekolah memainkan peran penting dalam menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan pada siswa, dengan tujuan membentuk generasi penerus yang memiliki rasa cinta tanah air yang kuat, dan siap memperjuangkan kepentingan negara Indonesia. Pendidikan sejarah Indonesia, upacara bendera, dan kegiatan ekstrakurikuler adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginternalisasi nilai nasionalisme pada siswa di sekolah. Melalui cara-cara tersebut, siswa dapat dilatih untuk memiliki karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan berkepribadian yang baik, serta merasa bangga menjadi warga negara Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30

Ali Hanafiah, M., Syafri, A., Ardina Hasibuan, M., Wardhana Salamony, F., & Fuadi Fauzi, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Siantar. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 137–146. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/78

Azwar, S. (2014). Sikap dan perilaku manusia. Pustaka Pelajar.

Berry, J. W. (1980). Acculturation as varieties of adaptation. In A. M. Padilla (Ed.), Acculturation: Theory, models, and some new findings (pp. 9-25). Boulder, CO: Westview Press.

Depdiknas. (2003). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Fachruddin Azmi, M. (2021). Liberalization of Islamic Education. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(3), 172–183.

Fahmi, F. (2021). Standar Proses dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–16.

Fajarwati, T. (2014). Internalisasi nilai-nilai nasionalisme pada anak melalui pendidikan keluarga. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 23-34.

Firmansyah, F. (2021). Kelas Bersama dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Pendidikan Islam Melalui Budaya Sekolah Multikultural. Turatsuna : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 3(2), 291–310. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/12834

Fitriani, L. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 10(1), 39-46.

Gudykunst, W. B. (1991). Bridging differences: Effective intergroup communication. Newbury Park, CA: Sage Publications.

Hasan, M. (2015). Pendidikan Karakter: Membumikan Pendidikan Nilai dalam Budaya Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ida, L. K., & Susila, I. W. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme di Sekolah: Upaya Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 1-9.

Indriyani, D., Imron, A., & Deni Wijayatiningsih, T. (2022). ACCEPTANCE OF INTERFAITH VALUES: A CASE STUDY OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN NON-MUSLIM STUDENTS. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 4(1), 28–39. https://doi.org/10.47006/ijierm.v4i1.146

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Panduan Pelaksanaan Internalisasi Nilai-nilai Karakter dan Kebangsaan di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kohlberg, L. (1981). The philosophy of moral development: Essays on moral development (Vol. 1). San Francisco: Harper & Row.

Kurniawan, A. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme pada Anak Usia Dini. Jurnal Bina Praja, 10(1), 47-56.

Kusnan. (2020). PLURALISM RECONSTRUCTION. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 47–61. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.31

Mubarok, A. (2018). “Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme di Sekolah dalam Membentuk Karakter Bangsa” Jurnal Pendidikan, 3(2), 153-165.

Muflihah, N. (2017). Internalisasi nilai-nilai kebangsaan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 45-56.

Mulyana, A. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 19(2), 193-202.

Mulyasa, E. (2017). Pembelajaran kontekstual berbasis nilai-nilai karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, S. E., & Suryani, A. (2018). “Internalisasi nilai-nilai kebangsaan pada siswa SMA melalui kegiatan ekstrakurikuler marching band”. Journal of Educational Social Studies, 7(2), 75-84.

Setyawan, A. D. (2019). “Meningkatkan kecintaan siswa terhadap bangsa melalui upacara bendera di sekolah dasar”. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 153-160.

Shafa, R., Lubis, L., & Wijaya, C. (2021). Construction of climate of social affection in realizing the noble morals of youth (Phenomenology study in Medan Johor Kota Medan district). International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(2), 93–119.

Sholihuddin, M. (2020). Internalization of Principal Curriculum Management in Primary School and Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(3), 222–233. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i3.118

Siswanto, A. (2019). “Internalisasi Nilai-nilai Nasionalisme di Sekolah”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasakti, 9(2), 132-140.

Triandis, H. C. (1995). Individualism and collectivism. Boulder, CO: Westview Press.

Trompenaars, F., & Hampden-Turner, C. (1998). Riding the waves of culture: Understanding diversity in global business (2nd ed.). New York: McGraw-Hill.

Wibowo, H. (2016). “Internalisasi nilai-nilai kebangsaan melalui pembelajaran sejarah”. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 147-160.

Wijaya, C., Abdurrahman, Saputra, E., & Firmansyah. (2021). Management of Islamic Education Based on Interreligious Dialogue in The Learning Process in Schools as An Effort to Moderate Religion in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5), 4306–4314. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.310

Winarni, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Nasionalisme Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(4), 487-494.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v7i1.15326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan