IMPLEMENTASI NILAI KEBANGSAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 100960 AEK BAYUR PADANG LAWAS UTARA

Agus Satria Daulay

Abstract


Abstrak: Budaya ketimuran masyarakat sekarang era digital mulai menurun, terbukti dari adanya fenomena masyarakat saat ini mulai dari tidak hormatnya peserta didik dengan orang tua, pendidik dan pemimpin, budaya jujur yang semakin menghilang, etika sopan santun yang kurang dikalangan peserta didik. Pada penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan didasarkan atas sejumlah kriteria tertentu. Ada empat kriteria yang digunakan, yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembentukan kesadaran berbangsa dan bernegara, kecintaan terhadap tanah air, keyakinan pada pancasila, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara serta kemampuan awal bela negara. 2) Peningkatan dalam keyakiyan pada Pancasila siswa diharapkan mampu menghafal Pancasila dan memiliki sikap toleransi guna memberikan bantuan kepada yang sedang membutuhkan, 3) Implementasi aktivitas pramuka pada berbagai faktor untuk mendorong kegiatan melalui prasarana dan sarana yang mendukung, memiliki dorongan penuh dari keluarga dan ektrakulikuler pramuka menjadi aktivitas wajib di sekolah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30

Ardiyana, D. P. (2022). Konseling Islam Dalam Pendidikan Keluarga. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 53–60.

Arfiah, S., & Prasetya, A. (2017). Pembelajaran Kepramukaan dalam Penguatan Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab dalam Upaya Mempersiapkan Mahasiswa PPKN Sebagai Pembina Ekstrakurikuler di Sekolah. Urecol.

Azra, A. (2019). REVITALISASI WAWASAN KEBANGSAAN MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Ledalero. https://doi.org/10.31385/jl.v18i2.185.183-202

Budiyanto, C. (2021). Manajemen Pendidikan Kepramukaan Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam Dan Budaya.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (memilih diantara lima pendekatan). In Penelitian Kualitatif.

Davidson, M., Lickona, T., & Khmelkov, V. (2014). Smart & good schools a new paradigm for high school character education. In Handbook of Moral and Character Education. https://doi.org/10.4324/9780203114896

Fahmi, F. (2022). the Effect of Applying Teaching Method on English Learning Process in Islamic Education Study. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan …, 75–81. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/99%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/download/99/81

Fahmi, Fauzi. (2021). Standar Proses dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–16.

Fahmi, Fauzi, & Firmansyah. (2021). Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia. Al-Liqo: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 06(01), 83–95.

Firmansyah. (2017). Pemikiran kesehatan mental islami dalam pendidikan islam. Analytica Islamica.

Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2), 164. https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384

Hayani, A., Fahmi, F., & Marpaung, R. C. P. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbasis HOTS. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(02), 1468–1479.

Ibda, H. (2017). RELASI NILAI NASIONALISME DAN KONSEP HUBBUL WATHAN MINAL IMAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM. International Journal Ihya’ ’Ulum Al-Din. https://doi.org/10.21580/ihya.19.2.1853

Kementerian Pendidikan Malaysia. (2001). Kurikulum prasekolah kebangsaan. Pusat Perkembangan Kurikulum Kementerian Pendidikan Malaysia.

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Lickona, T. (2013). Educating for Character in the Sexual Domain. In Peabody Journal of Education. https://doi.org/10.1080/0161956X.2013.775873

Megawangi, R. (2010). Pengembangan Program pendidikan Karakter di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasional (SNPV), 1–8.

Pradana, Y. (2019). Mengelaborasi Pemahaman Terhadap Pancasila. Untirta Civic Education Journal.

Priyambodo, A. B. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR PADA SEKOLAH BERLATAR BELAKANG ISLAM DI KOTA PASURUAN. Jurnal Sains Psikologi. https://doi.org/10.17977/um023v6i12017p9-15

Putri, S. B., & Dewi, D. A. (2021). Reaktualisasi Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1629

Rusadi, A. A. P., Baiduri, B., & Regina, B. D. (2019). Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22105

Setiarsih, A. (2016). Penguatan Identitas Nasional Melalui Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

Sianturi, R. M. R. (2021). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kepramukaan. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara. https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4407

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sulistiany, I., S Soro, S., & Yoseptry, R. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Kepramukaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan UNIGA. https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1680

Syamsul Bahri. (2019). the Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.2

Yin, R. (2016). Case Study. In Theory and Methods of Metallurgical Process Integration. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-809568-3.00016-4




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v7i1.15325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan