PENYAMPAIAN INFORMASI PEMERINTAH KABUPATEN ASAHAN PADA MASYARAKAT MELALUI AKUN INSTAGRAM @DISKOMINFOASAHAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan akun instagram @diskominfoasahan dalam penyampaian informasi Pemerintah Kabupaten Asahan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori the ccircular model of some, media massa dan new media. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan akun instagram @diskominfoasahan dalam penyampaian informasi Pemerintah Kabupaten Asahan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan aktif dalam memberika informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan, meski terdapat beberapa kendala seperti kendala jaringan dan kendala usia.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
As’ad, A., & Firmansyah, F. (2022). A New Paradigm on Human Resources Management in State Islamic University. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 71–84. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1513
Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa …. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan …, 2(3), 160–175. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/129%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/download/129/102
Alfikri, M. (2022). The Effectiveness Of Communication And Information Service Group Communication In The Dissemination Of Development Innovations In North Sumatra Province. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(3), 236–250. https://doi.org/10.47006/ijierm.v3i3.126
As’ad, A., & Firmansyah, F. (2022). A New Paradigm on Human Resources Management in State Islamic University. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 71–84. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1513
Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa …. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan …, 2(3), 160–175. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/129%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/download/129/102
Kehnia, Y., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Media Buku Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Ii Sd Negeri 101797 Deli Tua. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(3), 229–234. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/85
Marpaung, M. A. (2022). the Realization of Attitude in Online News Article: an Appraisal Analysis. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 96–102.
Muhammad Riza, Maskuri, & Mistar, J. (2022). The Articulation Of Islamic Multicultural Education Of Dayah Mudi Mesra Al-Aziziyah Network In Aceh Peace. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 4(2), 119–134. https://doi.org/10.47006/ijierm.v4i2.136
Samosir, H. E. (2023). Multicultural Political Communication: (Case Study of Political Communication Bulan Bintang Party in North Sumatra Province). International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 5(1), 23–48. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.47006/ijierm.v5i1.196
Mardina, R. 2017,Literasi Digital Bagi Generasi Digital Natives. Conference: Seminar Nasional Perpustakaan Dan Pustakawan Inovatif. Seminar Nasional Perpustakaan Dan Pustakawan Inovatif
Nasrullah, Rulli. 2012. Komunikasi Antarbudaya di Era Budaya Siber. Jakarta: Kencana.
Luttrell, Regina.. 2016, Social Media: How To Engage, Share, and Connect, Rwman & Littlefield, Second Edition.
Luttrell, Regina . 2019. Social Media: How To Engage, Share, and Connect, Lanham: Rwman & Littlefield, Third Edition.
McQuail, Denis. 2003. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga
Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga. Purwono. (2010). Dasar-dasar Dokumentasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Vera, Nawiroh. 2016, Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v7i1.15318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan