ALIH FUNGSI HARTA WAKAF DALAM PERSPEKTIF FIQH SYÂFI’YIYAH DAN UU NO. 41 TAHUN 2004
Abstract
di hadapan Allah, kecuali yang membedakan antara manusia hanya ketaqwaan kepada Allah semata.
Dalam kekeluargaan dan kebersamaan harus ada kerja sama dan tolong menolong, konsep persaudaraan
dan perlakuan sama terhadap seluruh anggota masyarakat di muka hukum tidaklah mempunyai arti
kalau tidak disertai dengan keadilan ekonomi, dengan begitu dimungkinkan setiap orang akan memiliki
hak yang sama atas sumbangan terhadap masyarakat. Wakaf telah mengakar dan telah menjadi tradisi
umat Islam di seluruh dunia. Wakaf telah dikenal oleh masyarakat sejak Agama Islam masuk ke Indonesia.
Tetapi nampaknya permasalahan wakaf masih muncul dalam masyarakat sampai sekarang, karena
wakaf ditangani oleh umat Islam secara pribadi, tidak ada campur tangan dari pihak pemerintah. Alih
Fungsi Harta Wakaf dalam fiqhSyâfi’iyyah dapat dilakukan selama tidak berubah bentuk aslinya dan
tidak berubah kenama lain dari harta wakaf tersebut. Harta wakaf yang telah dialihkan itu harus menjadi
harta yang lebih strategis, produktif dan terbedayakan untuk kepentingan Agama dan umat Islam. Sedangkan
dalam UU No. 41 Tahun 2004 harta benda wakaf yang sudah diwakafkan dilarang; dijadikan jaminan;
disita; dihibahkan; dijual; diwariskan; ditukar; atau dialihkan dalam bentuk hak lainnya kecuali apabila
harta benda wakaf yang telah diwakafkan digunakan untuk kepentingan umum sesuai dengan RUTR
dan tidak bertentangan dengan syari’ah dan hanya dapat dilakukan setelah memperoleh izin tertulis dari
Menteri atas persetujuan Badan Wakaf Indonesia.
Kata Kunci: Alih Fungdi Harta Wakaf
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Halim,Hukum Perwakafan di Indonesia, Cet. I, Ciputat : Press, 2005.
Abdul Halim,Hukum Perwakafan di Indonesia, Cet. I, Ciputat : Press, 2005.
Abi Ishak Asy-Syairazi,Al-Muhazzab, Mesir: Isa Al-Baby Al-Halaby Wasyirkah, t.t.
Abu Bakar Syata,Ianatut Thalibin, Juz.III, Semarang: Maktabah Usaha Keluarga.
Abu Zahrah,Muhadharat fi al-Waqf, Beirut: Dar al-Fikr al-‘Arabi, 1971.
Ahmad Rofiq,Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, cet. IV, 2000.
Al-Nawawi,al-Raudhah, Juz. IV, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Anton M. Moelyono, (et.al), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. Ke-2, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.
Asy-Syafi’i,Terjemahan Kitab al-Umm, Jakarta: CV. Faizan, 2003.
Departemen Agama Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam,Undang-undang Nomor 41 Tahun
Tentang Wakaf Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaannya,
Jakarta: Kemenag RI, 2010.
Departemen Agama Republik Indonesia,al-Quran dan Terjemahnya, Bandung; Gema Risalah Press.
Direktorat Pengembangan Zakat dan Wakaf, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan
Haji,Paradigma Baru Wakaf di Indonesia Jakarta: Depag RI, 2006.
Elsi Kartika Sari,Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf, Jakarta:Rineka Cipta Karya, 2005.
Hendi Suhendi, Fiqh Mu’amalah, cet II, Jakarta: Raja Grafindo Persada 2002.
Imam Zaakaria Anshari,Syarah Minhajjut Thulab, Juzuk III, Bairut-Libanon: Darul Kitab ‘Amaliah, t.t.
Jalaluddin Mahalli,Minhajut Thalibin, Juz. III, Indonesia: al-Haramain, t.t
Khatib Syarbaini,Mughni al-Muhtaj, Juz. II (Kairo: Mushthafa Halabi, n.d), h. 376. Baca Juga Ibrahim
Bajuri,Fathul Qarib, Syirkah Nur Asia.
Mahmut Syaltut/Ali As-Sayis,Perbandingan Mazhab Masalah Dalam Fiqh, Cet 9, Jakarta: Bulan Bintang
Muhammad Khatib Syarbaini,Iqna’ Fi Hilli Alfadhi Abi Syujaa’, Juz II, Semarang: Toha Putra, t.t.
Muhammad Musthafa Tsalabi, al-Ahkam al-Washaya wa al-Awqaf, (Mesir: Dar al-Ta’lif, t.t
Muslim ,Shahih Muslim, Juz.VIII Mesir: Dar al-Fikr al-Mu’ashir.
Sayyid Sabiq,Fiqh al-Sunnah, Juz III, Beirut: Dar al-Fikr, t.th.
Sudarsono,Pokok-pokok Hukum Islam, Jakarta:Rineka Cipta Karya, 2001.
Syarqawi,Tahrir, Juz.II, Jeddah:Sangqapurah.
Syeh Abdul Hamid,Syarah Syarwani, Juz VI, Darul Fikri, tt.
Syeh Ibrahim Bajuri,Ibrahim Bajuri, juz II, Semarang : Hikmah Keluarga, tt.
Syihabuddin Ahmadibni Salamah Qalyubi,Hasyiyah Qalyubi, Juz III, Darul Fikri, t.t.
Tuti A. Najib & Ridwan al-Makassary, Wakaf, Tuhan dan Agenda Kemanusiaan: Studi tentang Wakaf
dalam Perspektif Sosial di Indonesia. Jakarta: CRCS UIN Syahid.
Wahbah al-Zuhaily,Fiqh al-Islamiy wa Adillatuhu, Mesir: Dar al-Fikri, 1986.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i1.1449
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan