FENOMENA HOMESCHOOLING
Abstract
Abstrak: Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Homeschooling adalah alternative pendidikan yang berbeda daripada organisasi sekolah biasa. Homeschooling tampaknya memiliki dasar pandangan yang sejalan dengan sistem pendidikan Islam tradisional. Secara umum, fenomena berkembangnya homeschooling di Indonesia saat ini dapat dikategorikan menjadi tiga konteks. Terdapat beberapa faktor pendukung homeschooling. Ada beberapa klasifikasi jenis majemuk dan homeschooling tunggal, sedangkan homeschooling terdiri dari pada tiga jenis yaitu homeschooling majemuk, tunggal dan komunitas.Pentingnya homeschooling sebagai penunjang pendidikan formal dan pengembangan pendidikan siswa saat ini sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan siswa. Pengertian umum Homeschooling adalah model pendidikan di mana sebuah keluarga memilih untuk bertanggungjawab sendiri atas pendidikan anak – anaknya dan mendidik anaknya dengan menggunakan rumah sebagai asas pendidikannya. Homeschooling tampaknya memiliki dasar pandangan yang sejalan dengan system pendidikan Islam tradisional. Pendidikan agama Islam adalah sebagai bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Agama Islam dengan hikmah mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh, dan mengawasi berlakunya semua ajaran agama Islam. Secara umum, fenomena berkembangnya homeschooling di Indonesia saat ini dapat dikategorikan menjadi tiga konteks. Adapun jenis – jenis homeschooling yaitu Tunggal, Majemuk, dan Komunitas. Metode homeschooling terbagi 4. Komponen homeschooling antara lain: Materi pendidikan, pendekatan pembelajaran homeschooling, evaluasi pembelajaran dan peran orangtua.
Kata kunci: Pendidikan, Fenomena, Homeschooling
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Afiat, Zul. 2019. Homechooling; Pendidikan Alternatif di Indonesia. 10 (1). Malaysia: Jurnal Visipena. 50-65.
Anita, E. 2022. Optimalisasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Jero Juangga dalam Rangka Meningkatkan Kreativitas Melalui Kerajinan Tangan dengan Pemanfaatan Sampah.
An-Nahlawi. 1989. Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung: Diponegoro.
Berkey, Jonatha. 1992. The Transmission of Knowledge in Medieval Cairo. A Social History off Islamic Education. Princeton, NJ: Princeton University Press. 44.
Collum, E. 2005. The Ins and Outs of Homeschooling: The determinants of Parental Motivations and Student achievenment. 37. (Education and Society, 2005). 307 – 335.
Desmita. 2012. Psikologi Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya. 97-98.
Elliot, Stephen N. 2010. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Teaching, Effective Learning. Mc Graw – Hill.
Fakiha, Ila dan Alfian Khuswaidinsyah Ahmadi. 2020. Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif di Era Modern (Studi Kasus Makna Homeschooling Mayantara Kota Malang). Malang: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan & Sosial (Publicio).
Fauziah, Pujiyanti, dkk. 2019. Homeschooling Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: UNY Press.
Green CL., Hoover-Dempsey KV. 2007. Why Do Parents Homeschool? A Systematic Examination of Parental Involvement. Education and Urban Scoety. 39(2). 264-285.
Griffith, Marry. 2006. Belajar Tanpa Sekolah; Bagaimana Memanfaatkan Seluruh Dunia Sebagai Ruang Kelas Anda. Bandung: Nuansa.
Hasbi, Muhammad. 2016. Model Penyelenggaraan Sekolah Rumah. Jawa Barat: PP Paud dan Dikmas.
Hasbi, Muhammad. 2016. Model Penyelenggaraan Sekolah Rumah. Jawa Barat: PP Paud dan Dikmas.
Heryani, R. D. 2017. Homeschooling Sebagai Sekolah Alternatif Ramah Anak. Research and Development Journal of Education. 3(2).
Ilyas, I. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2(1).
Julhadi, J., Faizul, F., & Dina, H. 2022. Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif. Tarbiyatul Aulad. 8(01).
Kembara, Maulida D. 2007. Panduan Lengkap Homeschooling. Bandung: Progressio.
Lie, A., Andriyono, T., & Prasasti, S. 2014. Menjadi Sekolah Terbaik: Praktik Strategis Dalam Pendidin. Jakarta: Tanoto Foundation.
Maftukhah, A. D. Manajemen Homeschooling (Studi Kasus Pada Perkumpulan Homeschooling Indonesia Simpul Kota Semarang).
Mulyadi, S. 2007. Homeschooling Keluarga Kak Seto. Bandung: Kaifa.
Mulyani, Sri Nasution. 2022. Homeschooling dan Pendidikan Islam di Indonesia. 13 (2). Jakarta: Al- Risalah.
Murray, M, M., Handyside, L. M., Straka, L. A., &Arton-titus T. V. 2013. Parent Empowerment: Connetcting With Preservice Special Education Teachers. School Community Journal. 23(1), 145-168.
Na’imah, Tri. 2019. Konsep dan Aplikasi Homeschooling Dalam Pendidikan Keluarga Islam. 20 (2). Yogyakarta: Islamadina Jurnal Pemikiran Islam.
Nasional, I. D. P. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Nurhidayati, T. 2015. Inovasi pembelajaran PAI berbasis multiple intelligences. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies). 3(1). 23-56.
Oktavianto, F. A. 2016. Manajemen Kurikulum Homeschooling. Hanata Widya, 5(2).
Rifa’I, Ahmad. 2019. Relevansi Pendidikan Agama Islam Terintegrasi Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Digital 4.0. 1 (1). Jurnal Spektra. 48.
Riza, Muhammad. 2022. Keluarga Sebagai Pendidikan Pertama Anak; Peranan Orangtua Dalam Perkembangan Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dasar, 13 (1). Jurnal Al- Risalah. 187.
Riza, W. L. 2016. Korelasi Antara Komunikasi Interpersonal Dan Kecerdasan Emosi Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Komunitas Home Schooling Berkemas. Psychopedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(2).
Rosyid, M. 2021. Menunggu Kiprah Negara Pada Sekolah Rumahan Ala Samin: Studi Kasus di Kudus. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan. 14(1). 39-48
Simbolon, P., 2007. Homeschooling: Sebuah Pendidikan Alternatif. (Online). http://pormadi.wordpress.com/2007/11/12/homeschooling/
Soerjono, Soekanto. 1999. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI- Press. 23.
Soetimah, Pakasi. 1981. Anak dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia. 26.
Sugiarti, Yuli, Diyah. 2012. Mengenal Homeschooling. 22
Sumardiono. 2010. Persekolahan Rumah. Jakarta: Alex Media Komputindo.
Syahidin. 2009. Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Bandung: Alfabeta.
Van Galen, J. A. 1998. Ideology, Curiculum, and Pedadogy in Home Education. Education and Urban Society. 21(1), 52-68. https://doi.org/10.1177/0013124588021001006
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i2.13565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan