PENGERTIAN, URGENSI DAN RUANG LINGKUP PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Abstrak: Pengertian perencanaan pendidikan adalah suatu proses intelektual yang berkesinambungan untuk merencanakan, menganalisis, merumuskan, mengkaji dan memutuskan sesuatu yang secara internal konsisten (sejalan dengan prinsip-prinsip) yang dihubungkan secara logis, sistem dengan keputusan-keputusan lain, baik dalam bidangnya sendiri maupun dalam bidang pembangunan lainnya. , dan tidak ada batasan waktu untuk jenis aktivitas, dan satu aktivitas tidak selalu diperlukan untuk mendahului aktivitas lainnya. Selain itu, perencanaan pendidikan juga merupakan proses berpikir secara mendalam, menganalisis, mengkonstruksi, mempertimbangkan dan memutuskan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau dapat dikatakan bahwa perencanaan pendidikan adalah suatu operasi yang akan dilakukan. dimasa yang akan datang untuk mencapai tujuan di bidang pendidikan.
Kata kunci: Perencana Pendidikan Islam
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Burhanuddin Salam, Pengantar Pedagogik, Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Hikmam,, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2009
Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32
Firmansyah. (2017). Pemikiran kesehatan mental islami dalam pendidikan islam. Analytica Islamica, 6(1).
Kahar Utsman & Nadhirin, Perencanaan Pendidikan, Kudus: STAIN Kudus, 2008, hlm. 1 Saihu, S. (2019).
Made Pidarta, Perencanaan Pendidikan Partisipatoris Dengan Pendekatan Sistem, Jakarta: Rineka Cipta, 1990
Manap Somantri, Perencanaan Pendidikan, Jakarta: Taman Kencana, 2014
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Matin, Perencanaan Pendidikan Perspektif Proses dan teknik dalam Penyusunan
Muliadi, E. (2012). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Sekolah. I, 55–68. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.11.55-68
Napitupulu, S. P., & Sitanggang, H. (1986). Dampak Modernisasi Terhadap Hubungan Kekerabatan Daerah Sumatera Utara. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.
Nugraha, D. (2020). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI NDONESIA. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2). https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40809
Rencana Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam
Saraswati, Kearifan Budaya Lokal Dalam Persfektif Teori Perencanaan, Jurnal PWK Unisba
Said, N., Tengah, J., & Multikultural, P. (2013). URGENSITAS CULTURAL SPHERE DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : Rekonstruksi Semangat Multikulturalisme Sunan Kudus bagi Pendidikan Multikultural di STAIN Kudus. 7(1), 19–40.
Syamsul Bahri. (2019). the Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.2
Umar Tirtarahardja & La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sitem Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015
Zamroni, M. (2015). EPISTEMOLOGI DAN RUMPUN KEILMUAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM. INFORMASI. https://doi.org/10.21831/informasi.v45i1.7772
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i2.13560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan