PENGERTIAN, URGENSI DAN RUANG LINGKUP PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM

Rizka Auliya, Sovia

Abstract


Abstrak: Pengertian  perencanaan  pendidikan  adalah  suatu  proses  intelektual  yang berkesinambungan  untuk merencanakan,  menganalisis,  merumuskan,  mengkaji dan  memutuskan sesuatu yang secara internal konsisten (sejalan dengan prinsip-prinsip) yang dihubungkan secara logis, sistem dengan keputusan-keputusan lain, baik dalam bidangnya sendiri maupun dalam bidang pembangunan lainnya. , dan tidak  ada  batasan  waktu  untuk  jenis  aktivitas,  dan  satu  aktivitas  tidak    selalu diperlukan untuk mendahului aktivitas lainnya. Selain itu, perencanaan pendidikan juga merupakan  proses berpikir secara mendalam, menganalisis, mengkonstruksi, mempertimbangkan dan  memutuskan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau  dapat   dikatakan bahwa  perencanaan pendidikan  adalah  suatu  operasi  yang akan  dilakukan.  dimasa  yang  akan    datang  untuk  mencapai  tujuan  di  bidang pendidikan.

Kata kunciPerencana Pendidikan Islam


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Burhanuddin Salam, Pengantar Pedagogik, Jakarta: Rineka Cipta, 1997

Hikmam,, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2009

Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32

Firmansyah. (2017). Pemikiran kesehatan mental islami dalam pendidikan islam. Analytica Islamica, 6(1).

Kahar Utsman & Nadhirin, Perencanaan Pendidikan, Kudus: STAIN Kudus, 2008, hlm. 1 Saihu, S. (2019).

Made Pidarta, Perencanaan Pendidikan Partisipatoris Dengan Pendekatan Sistem, Jakarta: Rineka Cipta, 1990

Manap Somantri, Perencanaan Pendidikan, Jakarta: Taman Kencana, 2014

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Matin, Perencanaan Pendidikan Perspektif Proses dan teknik dalam Penyusunan

Muliadi, E. (2012). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Sekolah. I, 55–68. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.11.55-68

Napitupulu, S. P., & Sitanggang, H. (1986). Dampak Modernisasi Terhadap Hubungan Kekerabatan Daerah Sumatera Utara. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.

Nugraha, D. (2020). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI NDONESIA. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2). https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40809

Rencana Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013

Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam

Saraswati, Kearifan Budaya Lokal Dalam Persfektif Teori Perencanaan, Jurnal PWK Unisba

Said, N., Tengah, J., & Multikultural, P. (2013). URGENSITAS CULTURAL SPHERE DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : Rekonstruksi Semangat Multikulturalisme Sunan Kudus bagi Pendidikan Multikultural di STAIN Kudus. 7(1), 19–40.

Syamsul Bahri. (2019). the Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.2

Umar Tirtarahardja & La Sulo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sitem Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015

Zamroni, M. (2015). EPISTEMOLOGI DAN RUMPUN KEILMUAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM. INFORMASI. https://doi.org/10.21831/informasi.v45i1.7772




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i2.13560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan