PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM: MODEL DAN METODE PERENCANAAN PENDIDIKAN

Wal Adi Yati, Setia Budiarti

Abstract


pendidikan, memang sangatlah penting, sebab perencanaan tersebut kedepannya akan berperan vital sebagai petunjuk dalam gerak langkah lembaga tersebut. Namun demikian, model perencanaan dalam sebuah lembaga pendidikan tentunya akan sangat berbeda dengan perencanaan dalam sebuah perusahaan. Perusahaan yang notabene berorientasi profit, tentu saja ‘memproses’ benda mati, baik berupa barang maupun jasa. Di lain pihak, lembaga pendidikan, atau dapat disebut sebagai sekolah, ‘memproses’ manusia dengan segala sifat-sifat kemanusiaannya yaitu hidup dan berkembang. Perencanaan dalam sebuah lembaga pendidikan, tentunya tidak boleh keluar dari tujuan pendidikan itu sendiri, karena tujuan itulah yang nantinya akan menjadi titik tolak penyusunan sebuah kerangka rencana. Dan agar sebuah perencanaan dalam lembaga pendidikan tersebut tidak keluar dari tujuan pendidikan maka harus digunakan sebuah pendekatan, metode, dan teknik-teknik perencanaan yang sesuai dan tepat.

Kata kunciModel Perencanaan Perencanaan, Metode Perencanaan Pendidikan, 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Afiful Ikhwan. 2016. Jurnal Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam

Akhmad. 2020. Jurnal Perencanaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Globalisasi, Tulungagung

Al-qur’an dan terjemahan

Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30

Bahri, S. (2019). The Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools. International Journal Islamic Education Reseach Multicultural, 1(1), 16.

Dhikrul Hakim. (2019). Inclusivism and Exclusivism As Well As Their Effect on Islamic Education Based Multicultural. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 18–29. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.3

Engkoswara. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Firmansyah. (2017). Pemikiran kesehatan mental islami dalam pendidikan islam. Analytica Islamica, 6(1).

Fridiyanto, F. (2020). DINAMIKA SOSIAL PESANTREN DI INDONESIA. Al Mashaadir : Jurnal Ilmu Syariah, 1(1). https://doi.org/10.52029/jis.v1i1.1

Fattah, Nanang. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hakim, Lukmanul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar

Mohammad Arif. 2010. Teknologi Pendidikan. Kediri: STAIN Kediri Press

Moh. Arifudin. 2021. Jurnal Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam, Malang

Napitupulu, S. P., & Sitanggang, H. (1986). Dampak Modernisasi Terhadap Hubungan Kekerabatan Daerah Sumatera Utara. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.

Pirdata, Made. 1997. Landasan Pendidikan. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahman, Tohir. 1999. Terjemah Hadist Arbain Annawawiyah. Surabaya: Alhidayah

Ramadhani, Rizki, Yulia. Dkk. 2021. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis

Saefudin Sa’ud. 2005. Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suyitno. Y. 2009. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad-21. In Pustaka Media Guru.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i2.13559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan