PERENCANAAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN

Sri Wahyuni

Abstract


Abstrak: Tulisan ini membahas tentang konsep lingkungan pendidikan dalam Islam. Selama ini lingkungan pendidikan sering dianggap tidak penting oleh sebagian pihak. Padahal lingkungan pendidikan yang baik, termasuk dalam pendidikan Islam, dapat menjadi aset untuk menciptakan atau membangun karakter peserta didik menjadi baik. Lingkungan pendidikan dalam Islam tidak sekedar sekolah saja, tetapi juga keluarga dan masyarakat. Ketiganya merupakan kesatuan yang dibutuhkan dalam pendidikan. Tulisan ini membuktikan lingkungan pendidikan yang baik, dalam keluarga, sekolah dan masyarakat dapat menjadi perisai bagi peserta didik untuk tidak terjebak dalam perilaku yang tidak baik.

Kata kunciPendidikan, Islam, Keluarga, Sekolah, Masyarakat


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amalia, Azka, “Menakar Peran Ayah dalam Keluarga”, Koran Rakyat Jateng, 13 November 2015.

Arief, Armai, Reformulasi Pendidikan Islam. Ciputat: CRSD PRESS, 2007.

Bahri, S. (2019). The Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools. International Journal Islamic Education Reseach Multicultural, 1(1), 16.

Coleman, Abnormal Psychology and Modern Life. Illinois: Scott, Foresman & Co, 1976.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

______________, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, 1995.

______________, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Haji Masagung, 1994.

Djamaluddin, Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Umum (SMU) Provinsi Jambi. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2005.

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Dhikrul Hakim. (2019). Inclusivism and Exclusivism As Well As Their Effect on Islamic Education Based Multicultural. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 18–29. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.3

Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2). https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384

Goble, Norman M., Perubahan Peranan Guru. Jakarta: Gunung Agung, 1983.

Gunarsa, Singgih D., dan Gunarsa, Yulia Singgih D., Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 2004.

_________________, Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1995.

Hafizh, M. Nur Abdul, Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: Al-Bayan, 1999.

Harahap, Adnan, dkk, Islam dan Lingkungan Hidup. Jakarta: Yayasan Swarna, 1997.

Hasyim, Umar, Cara Mendidik Anak dalam Islam. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1983.

Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1996. al-Jumbulati, Ali, dan al-Tuwanisi, Abdul Futuh, Perbandingan Pendidikan Islam.Jakarta: Renika Cipta, 2002.

al-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat,terj. Shihabuddin. Jakarta: Gema Insani Press, 1997.

______________________, Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat, terj. Herry Noer Ali. Bandung: Diponegoro, 1996.

Nasution, Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Nurrohman. (2015). Islam Dan Kemajemukan Di Indonesia. In Jurnal Asy-Syari’ah.

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset Bandung, 2000.

Qutb, Muhammad, Islam Agama Pembebas, terj. Fungky Kusnaedi Timur. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2001.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2006.

Shahih Bukhari, Vol. IV. Mesir: al-Mathaba’ah al-Ustmaniyyah, 1932.

Surya, Mohamad, Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta, 2014.

Syafaat, TB. Aat, dkk, Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Ulwan, Abdullah Nashih, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. Semarang: CV. Al-Syifa, 1993.

Yadianto, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: M2s, 1996.

Yunus, Mahmud, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: Hida Karya Agung, 1990.

Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara,1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i2.13547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan