DIVERSIFIKASI KURIKULUM DI MADRASAH DAN SEKOLAH

Rizka Auliya, Sri Wahyuni

Abstract


Abstrak: Kurikulum merupakan suatu program yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu penyelenggaraan sebuah pendidikan memerlukan sebuah konsep yang berfungsi menjadi alat yang selalu bisa dirubah sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini menganalisis tentang konsep kurikulum dan kurikulum Pendidikan Islam yang mencakup pengertian, komponen kurikulum, dan karakteristiknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan dan diperoleh hasil bahwa kurikulum mencakup berbagai rencana kegiatan peserta didik yang terperinci berupa bentuk-bentuk bahan pendidikan, saran-saran strategi belajar mengajar, pengaturan-pengaturan program agar dapat diterapkan, dan hal-hal yang mencakup pada kegiatan yang bertujuan mencapai target/ tujuan yang diinginkan. Begitu pula dalam kurikulum Pendidikan Islam harus memperhatikan beberapa hal diantaranya sesuai dengan fitrah manusia, mencakup kepentingan umat Islam pada umumnya, bersifat realistic, komprehensif dan kontinuitas.

 

Kata kunciKonsep,  Kurikulum, Pendidikan Islam 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul Rahman, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Semarang: CV. Karya Abadi Jaya, 2015

Ali Mudlofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2012

Aly, A. (2004). Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural dI Pondok. Jurnal Varidika: Kajian Penelitian Pendidikan, 1, 23–33.

Dhikrul Hakim. (2019). Inclusivism and Exclusivism As Well As Their Effect on Islamic Education Based Multicultural. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 18–29. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.3

Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

E. Wina Sanjaya, Kajian Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung : Universitas Indonesia, 2007

Mulyasa, Kurikulum Berbasis kompetensi, Bandung : PT. Remaja Rosda karya, 2008

Muhammad joko susilo, kurikulum tingkat satuan pendidikan, Yogyakarta : Pustaka pelajar,2008

M.dahlan al-barry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola, 2001

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2010

Rohman, A. (2011). Pengelolaan Sekolah Berbasis Religi Studi Situs Madrasah Aliyyah Futuhiyyah. Tesis, 53(9), 1689–1699.

Syamsul Bahri. (2019). the Role of Islamic Education in Realizing Social Interaction Based on Multiculturalism Among Students of Different Religions in Elementary Schools. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.2

Syafrudin Nurdin dan M. Basyirudin Usman, Guru Professional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat press, 2003

Syeh Hawib Hamzah, “Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik”, Jakarta: PT. Dinamika Ilmu, 2012

Tim Penyusun, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional, 1999




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i1.13542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan