PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEMBACA NYARING DI TAMAN KANAK-KANAK AL MUKMIN BALIKPAPAN

Siti Kamilah

Abstract


Abstrak: Perkembangan  kemampuan berbahasa anak usia dini melalui membaca nyaring di TK Al Mukmin Balikpapan masih rendah. Tujuan Penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui membaca nyaring. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak usia dini  melalui membaca nyaring dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, sehingga penelitian perlu dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II kemampuan berbahasa anak melalui membaca nyaring di TK Al Mukmin Balikpapan menjadi lebih meningkat.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa ; Anak; Membaca Nyaring.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

I.G.A.K. Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka KTSP SD/MI 2011

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Prenada.

Ulfah, M., & Evana, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Melalui Permainan Memasangkan Gambar Dengan Kata di Taman Kanak-Kanak Cirebon. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 150. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2656

Widayati, S. & Simatupang, N.D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–58.

Wiyani, N.A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD dalam Memahami serta Mendidik Anak Usia Dini. Gavamedia.

Wiyani, N.A. & Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam Monokhotomik Holistik. Ar- Ruzz Media.

Yusuf Gunawan.2007, Pedoman Penulisan Karya Ilmiyah. Bandung.UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i1.13541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan