PENERAPAN METODE MONTESSORI DALAM PENGENALAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA ZOOM DAN MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA ANAK USIA DINI DI TK Al-MUKMIN BALIKPAPAN

Rita Sri Ayu

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menguraikan tentang penerapan metode montessori melalui media zoom dan media sosial dalam proses pembelajaran. Penelitian dalam prosesnya menggunakan penelitian tindakan dengan memperhatikan pada pemahaman dan keterampilan peserta didik di TK Al-Mukmin Balikpapan. penggalian data dengan observasi dan wawancara melalui media sosial. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta didik pada siklus I sebesar 72,5% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 92,5% dengankategori sangat baik. Dari data ini penerapan metode montessori dalam pembelajaran di TK Al-Mukmin Balikpapan mengalami peningkatan sebesar 20%. Dengan demikian penerapan metode montessori dalam pembelajaran pengenalan matematika pada anak usia dini di TK Al-Mukmin dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik.

 

Kata Kunci: Implementasi, Strategi dan Pandemi

 


Full Text:

PDF

References


Daftarpustaka

Britton, Lesley. Montessori Play & Learn: a Parents Guide to Purposeful Play from Two to Six (New York: Crown Publishers, Inc, 1992)

Hasan, Maimunah. Pendidikan anak usia dini. (Jogjakarta: Diva Press, 2009)

Mailina, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: PT Indeks, 2020)

Mailina, W. R., Zulharman, & Asni, E. Hubungan Efikasi diri dengan nilai objective structured cinical examination (OSCE) pada mahasiswa tahun ketiga fakultas kedokteran universitas Riau. JOM FK Volume 2 No 2 (2015).

Montessori, Maria. Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orang Tua Didik PAUD (Pendidikan Anak usia Dini), Terj. Ahmad Lintang Lazuardi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013)

Montessori.edu.my

Sudjana, Metode Statistika. (Bandung: Tarsito, 2005)

Yus, Anita. Model Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Kencana, 2011)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i1.13540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan