IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP SWASTA JAMBI MEDAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data berupa kata-kata dan gambar dilapangan dengan cara pengamatan,wawancara maupun dokumentasi. Penelitian Tujuan penelitian ini untuk menggali data sesuai dengan faktanya di lapangan dan dianalisis dengan teori yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan pertama, pengimplementasian Pendidikan Multikultiral di SMP Swasta Jambi Medan. Kedua, faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan multicultural di SMP Swasta Jambi Medan. Temuan penelitian ini bahwa pengimplementasian pendidikan multicultural di SMP Swasta Jambi sudah cukup bagus.
Kata kunci: Implementasi, Pendidikan, Multikultural
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30
Aly, Abdullah. 2011. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arta, Ade ujan (dkk). Multikulturalisme. Jakarta: Malta printindo Hadi,
Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32
Sutrisno. 1991. Metodologi Research II. Jakarta: Andi offset
Mahfud, Choirul. 2009. Pendidikan Multikultural.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Moleong, J.Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Naim, Ngainun. 2008. Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta
Tilaar, H.A.R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan : Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.
Uswatun Hidayah. (2021). the Role of the Teacher in Shapeing Student Learning Behavior in Arabic Learning. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(3), 178–186. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i3.42
Yakin, Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural, Cross-Cultural untuk demokrasi dan keadilan. Yogyakarta : Pilar Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i2.13512
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan