IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP SWASTA JAMBI MEDAN

Sri Ayuni, Rina Yanti, Rizki Daulay

Abstract


Abstrak: Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dimana  penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data berupa kata-kata dan gambar dilapangan dengan cara pengamatan,wawancara maupun dokumentasi. Penelitian Tujuan penelitian ini untuk menggali data sesuai dengan faktanya di lapangan dan dianalisis dengan teori yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan pertama, pengimplementasian Pendidikan Multikultiral di SMP Swasta Jambi Medan. Kedua, faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan multicultural di SMP  Swasta Jambi Medan. Temuan penelitian ini bahwa pengimplementasian pendidikan multicultural di SMP Swasta Jambi sudah cukup bagus. 

Kata kunciImplementasi, Pendidikan, Multikultural


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30

Aly, Abdullah. 2011. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arta, Ade ujan (dkk). Multikulturalisme. Jakarta: Malta printindo Hadi,

Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32

Sutrisno. 1991. Metodologi Research II. Jakarta: Andi offset

Mahfud, Choirul. 2009. Pendidikan Multikultural.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Moleong, J.Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun. 2008. Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tilaar, H.A.R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan : Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uswatun Hidayah. (2021). the Role of the Teacher in Shapeing Student Learning Behavior in Arabic Learning. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(3), 178–186. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i3.42

Yakin, Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural, Cross-Cultural untuk demokrasi dan keadilan. Yogyakarta : Pilar Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i2.13512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan