ISLAM DAN GAGASAN UNIVERSAL : STUDI KASUS PEMAHAMAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

Adelia Putri, Bella Yulisda Lubis, Rahmad Alfarizki

Abstract


Abstrak : Penelitian ini adalah penelitian Grounded Theory yang didapat dari teori berbagai sumber. Dimana sumber teori utama merupakan masyarakat dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana masyarakat UIN Sumatera Utara mengetahui dan memahami mengenai Islam dengan sifat universalisme. Hasil penelitian menunjukkan pertama, Islam sangat berperan penting dalam globalisasi. Kedua,ikut andil Islam dalam ilmu pengetahuan. Ketiga, Islam merupakan agama fundamentalisme.

 

Kata kunci :Islam, Globalisasi, Universalisme


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30

Asy, H. (n.d.). Relasi Negara dan Islam di Indonesia : Pengalaman Nahdlatul Ulama. 41–60.

Azra, A. (1996). Pergolakan Politik Islam Dari Fundamentalisme, Modernisme hingga Postmodernisme .

Fuadi, A. (2018). Studi Islam (Islam Eksklusfi dan Inklusif). wahana inovasi, 1-5.

Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32

Fauzi, A. (2018). MODERASI ISLAM , UNTUK PERADABAN DAN اديه ش مكيلع لوسرلا نوكيو سانلا ىلع ءادهش اونوكتل اطسو ةما مكانلعج كلذك و. 02(02), 232–244.

Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2). https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384

Firmansyah, F. (2021). Kelas Bersama dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Pendidikan Islam Melalui Budaya Sekolah Multikultural. Turatsuna : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan.

Fridiyanto. (2018). POLEMIK KONSEP ISLAM NUSANTARA:WACANA KEAGAMAAN DALAM KONTESTASI PEMILIHAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2019. Jurnal Kalam, 6(2).

Hanik, U. (2014). Pluralisme Agama di Indonesia. Jurnal Pemikiran Keislaman.

Khaerurrozikin, A. (2015). Problem Sosiologis Pluralisme Agama di Indonesia. Jurnal Kalimah.

Khotimah, K. (2009). Islam dan Globalisasi: Sebuah Pandangan Tentang Universalitas Islam. Jurnal Dakwah dan Komunikas.

Muhammad, R. (2017). Islam dan Globalisasi; dari Ambiguitas Konsep hingga Krisis Identitas. Jurnal At-Tafkir, 2.

Munir, R. &. (2018). Membangun Kerukunan Umat Beragama dengan Nilai-nilai Pluralisme Gus Dur.

Marzulina, L., Harto, K., Erlina, D., Holandyah, M., Desvitasari, D., Arnilawati, A., Fridiyanto, F., & Mukminin, A. (2021). Challenges in teaching english for efl learners at pesantren: Teachers’ voices. Theory and Practice in Language Studies, 11(12). https://doi.org/10.17507/tpls.1112.10

Rois, A. (n.d.). Pendidikan Islam Multikultural: Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah.

Saliman, S., Wulandari, T., & Mukminan, M. (2014). Model Pendidikan Multikultural Di ‘Sekolah Pembauran’ Medan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 392–401. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2383

Subkhan, I. (2007). Hiruk Pikuk Wacana Pluralisme di Yogya.

Suhandary, d. (2019). modernisme islam khaled m. abou el fadl. yogyakarta.

Wahid, A. (2018). Fundamentalisme dan Radikalisme I




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i2.13508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan