STRATEGI PENANAMAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPAU (SDIT) HIDAYATUL JANNAH PERCUT SEI TUAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini adalah Penelitian tentang strategi sekolah dalam penanaman nilai multikultural pada siswa.Tujuan penelitian ini diharapkan dapat mengungkapkan dan memahami, menginterprestasikan strategi penanaman pendidikan multkultural pada siswa Penelitian ini bertujuan pertama : bagaimanakah peran sekolah dalam pendidikan multikultural dan bagaimana strategi penanaman pendidikan multikultural tersebut di sekolah SDIT Hidayatul Jannah, teknik pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah mengetahui strategi penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural pada siswa sekolah dasar Islam terpadu Hidayatul Jannah Percut sei tuan.
Kata kunci: strategi, penanaman, multikultural
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Arifudin, Iis, Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di SekolahPendidikan Multikultural di Sekolah Pendidikan Multikultural di Sekolah Pendidikan Multikultural di Sekolah, (Puwokerto: Mei-Ags 2007), Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, INSANIA, Vol. 12 No. 2
Aly, Abdullah, Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren D DI-AD Mangkoso Barru Sulawesi Selatan, (Indragiri Hulu, Desember 2016), Jurnal Al-Thariqah Vol. 1, No. 2.
Bennet, Konstruksi Pengetahuan Multikultural dalam Buku Tematik Terpadu untuk SD/MI Kelas IV, (UNP: Maret 2018), Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 3.
Banks, J. A. (n.d.). Race , Culture , and Education.
Fahmi, F., & Firmansyah, F. (2021). Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.262
Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32
Elashmawi, F. And Harris, P.R. 1994. Multicultural Management, New Skills for Global Succes. Malaysia: Abdul Majeed and Co.
Mahfud, C. 2009. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaidi. 2004. Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Hermina Vol.3 no.1.p.77.
NAIM, NG. & Sauqi, A. 2008. Pendidikan Multikultural, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Arruz Media Group.
Sudjana. 1997. Strategi Pembelajaran.Bandung: Falah Production
Sukarma, I.W. 2010“Multikulturalisme dan kesatuan Indonesia". Dharmasmrti, Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan Hindu, Vol.5-10-2011, Pascasarjana, UNHI Denpasar. p.112.
Sutarno. 2008. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.
Tilaar, HAR.,2004. Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.
Uswatun Hidayah. (2021). the Role of the Teacher in Shapeing Student Learning Behavior in Arabic Learning. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(3), 178–186. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i3.42
Wijaya, C., Abdurrahman, Saputra, E., & Firmansyah. (2021). Management of Islamic Education Based on Interreligious Dialogue in The Learning Process in Schools as An Effort to Moderate Religion in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5). https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.310
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i2.13506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan