PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN MODERNITAS

Abdul Rafiq Sudrajat, Amelia Nurjannah

Abstract


memberikan jawaban yang sesuai terhadap permasalahan yang ada. Hal itu menimbulkan masalah-masalah baru yang membutuhkan pembaharuan untuk mengembalikan nilai-nilai keuniversalitas Islam guna menumbuhkan peradaban Islam sebagaimana pada abad-abad sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pandangan Nurcholish Madjid terhadap Islam dan tantangan modernitas. Pendekatan metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, adapun data yang digunakan bersumber dari telaah kepustakaan berupa karya-karya yang ditulis sendiri oleh Nurcholish Madjid dan karya-karya orang lain terhadap karya dan pemikiran Nurcholish Madjid. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menurut Nurcholish Madjid dunia Islam saat ini membutuhkan pembaruan-pembaharuan untuk menjawab semua persoalan yang ditimbulkan oleh umat Islam sendiri, atau oleh pengaruh-pengaruh dari luar yang semakin lama semakin kompleks dan membutuhkan solusi yang up to date, solusi yang ditawarkan oleh Nurcholish ialah dengan melepaskan diri dari kejumudan, dan menumbuhkan semangat keislamanan di era modern ini.

 

Kata kunci: Pendidikan, Islam, Modernitas.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abidin, Zainal. 2014. “Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi Antara

Abidin, Zainal. 2014. “Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi Antara

Abidin, Zainal. 2014. “Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi Antara

Abidin, Zainal. 2014. “Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi Antara

Abidin, Zainal. 2014. “Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi Antara KeIslaman, Keindonesiaan Dan Kemodernan.” Jurnal Humaniora 2: 673. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3123.

Amos Sukamto. 2009. “Agama Dan Modernitas: Spritualitas Transformasi Ala Nurcholish Madjid.” Jurnal Transformasi Vol. 5 (No. 1). https://www.researchgate.net/profile/Amos-Sukamto/publication/323771739_AGAMA_DAN_MODERNITAS_SPIRITUALITAS_TRANSFORMATIF_ALA_NURCHOLISH_MADJID/links/5aaa09e8aca272d39cd5eaf2/AGAMA-DAN-MODERNITAS-SPIRITUALITAS-TRANSFORMATIF-ALA-NURCHOLISH-MADJID.pdf?origin=publication_detail.

Creswell, John W. 2013. Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Edited by Saifuddin Zuhri Qudsy. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Fachruddin Azmi, M. (2021). Liberalization of Islamic Education. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(3), 172–183.

Farikhatin, A., Suryaningsih, A., Wibawa, D. B. S. A. E. A., Sari, E. Y., Mutakhim, I. R. I., Ma’rifah, I., Oktavianus, P. H., Budiarto, J., Oktafiana, S. R. S., & Suwandi. (2016). Mengelola Keragaman di Sekolah. In Mengelola keragaman di sekolah: Gagasan dan pengalaman guru.

Ikhya Ulumuddin. 2017. “Rasionalitas Nurcholish Madjid Dalam Wacana Keislaman Di Indonesia.” UIN Syarifhidayatullah Jakarta.

Madjid, Nurcholish. 1992. Islam Doktrin Dan Peradaban. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina.

———. 1994. Khazanah Intelektual Islam. Jakarta: Bulan Bntang.

———. 1997. Islam Kemodernan Dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan.

———. 2008. Islam Agama Peradaban. Jakarta: Paramadina.

Muhsin. 2016. “Neo Modernisme Dalam Perspektif Pemikiran Nurchalish Madji.” Jurnal Almurshalah Volume 2 (No. 1 Januari-Juni). http://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/AlMursalah /74/57

Nurcholish Maadjid, Dkk. 2007. Islam Universal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Risa Trisnawati. 2016. “Islam Dan Modernitas Yusuf Al-Qaradhawi.”Aqidaat Islam dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry.

Saiman, Iqbal Abdurrauf. 1988. Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Siti Makhmudah. 2015. “Dinamika Dan Tantangan Masyarakat Islam Di Era Modernisasi (Pemikiran Dan Kontribusi Menuju Masyarakat Madani).”JurnalLentera1(2).http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/lentera/article/download/1321/938/.

Sholihuddin, M. (2020). Internalization of Principal Curriculum Management in Primary School and Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Islamic Education …. https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/118%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/download/118/94

Syekh Moh Abduh. 1992. Ilmu Dan Peradaban Menurut Islam Dan Kristen. Bandung: CV. Diponegoro.

Yusnaini. 2017. “Pemikiran Nurcholish Madjid Tentang Modernisasi Islam.” UIN Sumatera Utara.

Zarkasyi, Amal Fadhullaah. n.d. “Tajdid Dan Modernisasi Pemikiran Islam.” Jurnal Tsaqafah Vol. 9 (No. 2). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/viewFile/59/50.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i2.13504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan