METODOLOGI STUDI ISLAM PERSEKTIF DOSEN DAN MAHASISWA (Studi Kasus di UIN Sumatera Utara Medan)
Abstract
Abstrak: Metodologi islam adalah suatu studi yang mempelajari tentang sebuah metode yang bisa merumuskan masalah, kemudian bisa memecahkan masalah- masalah tentang keislaman atau pertanyaan - pertanyaan tentang keIslaman. Metodologi studi islam bertujuan mengajarkan umat islam akan budaya, ilmu, serta pemahaman agama islam kepada umat manusia, dalam berbagai aspek. jadi metodologis itu di Islam ini pasti yang berkaitan dengan keislaman. bagaimana sebuah metode ini bisa merumuskan kemudian bisa memecahkan masalah-masalah tentang keislaman itu atau pertanyaan-pertanyaan tentang keislaman kemudian itu terjawab dalam sebuah metodologi studi Islam. Studi Islam berkembang seiring dengan berkembangnya zaman. Untuk meninjau perkembangan studi Islam secara utuh, maka perlu didasari oleh dua sudut pandang yakni studi Islam Normatif dan Studi Islam Historis. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus ini adalah salah satu bentuk penelitian kualitatif yang berbasis pada pemahaman dan perilaku manusia berdasarkan pada opini manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metodologi Islam sangat penting untuk dipelajari dan diketahui. Karena sebagai umat Islam kita harus bisa mengetahui tentang pemahaman-pemahaman Islam dan bagaimana menerapkannya kedalam kehidupan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah.2015. STUDI ISLAM: Suatu Pengantar dengan Pendekatan Interdisipliner. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA,
Abdurrahman Hafidz. 2018. Diskursus Islam Politik & Spiritual. Bogor: Al Azhar Press,
Abudin Nata. 1998. Metodologi Studi Islam. Jakarta :Rajawali
Amin Abdullah. 1996. Studi Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
An-Nabhani, Taqiyuddin. 2019. Peraturan Hidup Dalam Islam. Jakarta: Pustaka
Fikrul Islam,
Ananda, Faisar. Dkk. 2016 Metode Studi Islam Jakarta: Rajawali Pers.
Atang Abdul Hakim. 2002. Metodologi Studi Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30
Bagir, Z. A., Maarif, S., Munjid, A., Vanderbilt, G., Ahnaf, M. I., & Laksana, A. B. (2016). Studi Agama di Indonesia : Refleksi Pengalaman (Issue July).
Ghazali, Ahmad. Dkk, 2013. Al-Qur’an. Surah Al -Baqarah, Surah Al-Imran.Muhaini, Pengantar Studi Islam. Banda Aceh: Yayasan Pena,
Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32
Hakim, Muhammad Atang Adbul. 2012. Metodologi Studi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Habibi. 2014 Sejarah Perkembangan Islam di Masa Rasulullah. (Makalah). Diakses melalui situs: http://habibi9.blogspot.com.
Imam Suprayogo. 2003. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Mahmudah, Siti. 2018 Islamisme: Kemunculan dan Perkembangannya di Indonesia
Lampung: Jurnal Aqlam,
Nurasyiah, Candra Wijaya, S. N. (2021). the Influence of Learning Strategies and Logical Thinking Skills on the Learning Outcomes of Islamic Religious Education and Ethics. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(3), 197–215.
Qol’ ahji, Rawwas. , 2014. Sirah Nabawiyah, Sisi Politisi Perjuanagan Rosulullah
Bogor: Al Azhar Press
Rozali, Moeh. 2019. Metodologi Studi Islam Medan: Al Azhar Center.
Sholihuddin, M. (2020). Internalization of Principal Curriculum Management in Primary School and Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Islamic Education …. https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/118%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/download/118/94
Wijaya, C., Abdurrahman, Saputra, E., & Firmansyah. (2021). Management of Islamic Education Based on Interreligious Dialogue in The Learning Process in Schools as An Effort to Moderate Religion in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5). https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.310
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i1.13499
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan