METODOLOGI STUDI ISLAM PERSEKTIF DOSEN DAN MAHASISWA (Studi Kasus di UIN Sumatera Utara Medan)

Zakia Salsabila, Dewi Triwulan, Syavira Adisti

Abstract


Abstrak: Metodologi islam adalah suatu studi yang mempelajari tentang sebuah metode yang bisa merumuskan masalah, kemudian bisa memecahkan masalah- masalah tentang keislaman atau pertanyaan - pertanyaan tentang keIslaman. Metodologi studi islam bertujuan mengajarkan umat islam akan budaya, ilmu, serta pemahaman agama islam kepada umat manusia, dalam berbagai aspek. jadi metodologis itu di Islam ini pasti yang berkaitan dengan keislaman. bagaimana sebuah metode ini bisa merumuskan kemudian bisa memecahkan masalah-masalah tentang keislaman itu atau pertanyaan-pertanyaan tentang keislaman kemudian itu terjawab dalam sebuah metodologi studi Islam. Studi Islam berkembang seiring dengan berkembangnya zaman. Untuk meninjau perkembangan studi Islam secara utuh, maka perlu didasari oleh dua sudut pandang yakni studi Islam Normatif dan Studi Islam Historis. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus ini adalah salah satu bentuk penelitian kualitatif yang berbasis pada pemahaman dan perilaku manusia berdasarkan pada opini manusia.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metodologi Islam sangat penting untuk dipelajari dan diketahui. Karena sebagai umat Islam kita harus bisa mengetahui tentang pemahaman-pemahaman Islam dan bagaimana menerapkannya kedalam kehidupan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah.2015. STUDI ISLAM: Suatu Pengantar dengan Pendekatan Interdisipliner. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA,

Abdurrahman Hafidz. 2018. Diskursus Islam Politik & Spiritual. Bogor: Al Azhar Press,

Abudin Nata. 1998. Metodologi Studi Islam. Jakarta :Rajawali

Amin Abdullah. 1996. Studi Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

An-Nabhani, Taqiyuddin. 2019. Peraturan Hidup Dalam Islam. Jakarta: Pustaka

Fikrul Islam,

Ananda, Faisar. Dkk. 2016 Metode Studi Islam Jakarta: Rajawali Pers.

Atang Abdul Hakim. 2002. Metodologi Studi Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Abidin, A. A., & Murtadlo, M. A. (2020). Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education As an Effort To Weaver Religious Moderation Values in Indonesia. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 29–46. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.30

Bagir, Z. A., Maarif, S., Munjid, A., Vanderbilt, G., Ahnaf, M. I., & Laksana, A. B. (2016). Studi Agama di Indonesia : Refleksi Pengalaman (Issue July).

Ghazali, Ahmad. Dkk, 2013. Al-Qur’an. Surah Al -Baqarah, Surah Al-Imran.Muhaini, Pengantar Studi Islam. Banda Aceh: Yayasan Pena,

Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32

Hakim, Muhammad Atang Adbul. 2012. Metodologi Studi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Habibi. 2014 Sejarah Perkembangan Islam di Masa Rasulullah. (Makalah). Diakses melalui situs: http://habibi9.blogspot.com.

Imam Suprayogo. 2003. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Mahmudah, Siti. 2018 Islamisme: Kemunculan dan Perkembangannya di Indonesia

Lampung: Jurnal Aqlam,

Nurasyiah, Candra Wijaya, S. N. (2021). the Influence of Learning Strategies and Logical Thinking Skills on the Learning Outcomes of Islamic Religious Education and Ethics. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(3), 197–215.

Qol’ ahji, Rawwas. , 2014. Sirah Nabawiyah, Sisi Politisi Perjuanagan Rosulullah

Bogor: Al Azhar Press

Rozali, Moeh. 2019. Metodologi Studi Islam Medan: Al Azhar Center.

Sholihuddin, M. (2020). Internalization of Principal Curriculum Management in Primary School and Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Islamic Education …. https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/118%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/download/118/94

Wijaya, C., Abdurrahman, Saputra, E., & Firmansyah. (2021). Management of Islamic Education Based on Interreligious Dialogue in The Learning Process in Schools as An Effort to Moderate Religion in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5). https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.310




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i1.13499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan