AGAMA DAN MULTIKULTURALISME: (Studi Budaya dan Agama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Medan)

Fathun Khoriba, Dinda, Tetty Khairani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi pendidikan islam melalui budaya sekolah multicultural. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kelas bersama mewujudkan nilai-nilai moderasi pendidikan islam melalui budaya sekolah multicultural di SMPN 7 Medan yang pertama nilai terbuka, kedua nilai dialog, ketiga toleransi dan keempat tidak ekstrim dalam beragama.

 

Kata kunci: moderasi beragama, pendidikan Islam, SMP Negeri 7 Medan 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardianto, A., Gonibala, R., Hadirman, H. and Lundeto, A., 2020. Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Tradisi Katoba Pada Masyarakat Etnis Muna. Potret Pemikiran, 24(2), pp.86-107.

Ardianto, A., Gonibala, R., Hadirman, H. and Lundeto, A., 2020. The Representation of Islamic Educational Values in Katoba Tradition of Munanese Community. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 20(1), pp.1-18.

Azra, Azyumardi. 2003. Pendidikan Multikultural; Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika, dalam Tsaqafah, Vol. I, No. 2.

Bolotio, R., Hadirman, H. and Musafar, M., 2021. Prolematika Pengelolaan Pendidikan Islam Non-Formal Pada Komunitas Muslim. Jurnal Ilmiah Iqra', 15(1), pp.32-47.

Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada.

Bukhari. (2021). Innovation of Islamic Religious Learning Based on Multiculturalism. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(2), 61–62. https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/88/68

Dhikrul Hakim. (2019). Inclusivism and Exclusivism As Well As Their Effect on Islamic Education Based Multicultural. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 1(1), 18–29. https://doi.org/10.47006/ijierm.v1i1.3

Darlis. 2017. “Mengusung Moderasi beragama di Tengah Masyarakat Multikultural”, dalam Jurnal Rausyah Fikr, Vol. 13, No.2 Desember 2017.http://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/rsy/article/download/266/189/ diakses 16 Agustus 2019.

Firmansyah, F. (2021). Kelas Bersama dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Pendidikan Islam Melalui Budaya Sekolah Multikultural. Turatsuna : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan.

Hadi, Sumandiyo Y. 2006. Seni dalam Ritual Agama. Yogyakarta: Pustaka. Hadirman, H., 2021. SINERGITAS BUDAYA DAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA. Katoba: Jurnal Pendidikan, Sosial, Budaya, dan Agama, 1(1), pp.1-10.

Kemenag RI, 2014. Radikalisme dan Tantangan Kebangsaan. Jakarta: Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam.

Rusmayani, 2008. “Penanaman Nilai-Nilai Moderasi beragama Siswa Sekolah Umum”. Makalah disampaikan dalam Annual Coference for Muslim Sholars di UIN Sunan Ampel Surabaya, 21-22 April 2008.

Sofiuddin, 2018. “Transformasi Pendidikan Islam Moderat dalam Dinamika Keumatan dan Kebangsaan”, dalam Jurnal Dinamika Penellitian: Komunikasi Sosial Keagamaan, Vo. 18, No.02, November 2018. dalam http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/download/1512/799 diakses 16 Agustus 2019.

Thoha, Chabib. 2000. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i1.13496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan