DINAMIKA PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Khairul Fahmi, Fauzi Fahmi

Abstract


Abstrak: Sesungguhnya semakin banyak peserta didik yang mendaftarkan dirinya ke berbagai Perguruan Tinggi Islam, merupakan bukti yang tidak terbantahkan bahwa Pendidikan Islam semakin berperan besar dimasyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Peneltian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan sumber bibliografi dari buku dan artikel di jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keadaan pendidikan Islam pada masa penjajah juga mengalami penjajahan. Bagaimana tidak dikatakan mengalami penjajahan, untuk mengajarkan pendidikan Islam ke sekolah-sekolah saja harus terlebih dahulu meminta izin kepada pemerintah. Pendek kata, pada zaman pemerintahan Belanda maupun Jepang sama-sama tidak memberikan peluang kepada pendidikan Islam untuk diajarkan di sekolah. 2)Setelah Indonesia merdeka, tahap demi tahap, perlahan namun pasti kebijakan pemerintah terhadap pendidikan Islam semakin mendekati kewajaran. Pemerintah dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bersama Menteri Agama berhasil membuat sebuah gebrakan, sehingga menelurkan kebijakan yang mendukung pendidikan Islam. Sehingga pendidikan Agama pun boleh diajarkan di sekolah. Bahkan akhirnya lahirlah Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa pendidikan Agama merupakan hak bagi setiap peserta didik. Dinamka pendidikan Islam ini seharusnya menyadarkan kita, bahwa dalam perjalananya penuh dengan hambatan dan tantangan.

Kata Kunci: Perkembangan, Pendidikan Islam, Indonesia

 

Abstract In fact, more and more students are enrolling themselves in various Islamic Universities, which is undeniable evidence that Islamic education is increasingly playing a major role in society. The purpose of this study is to describe the development of Islamic education in Indonesia. This research uses a literature study method that relies on bibliographic sources from books and articles in scientific journals related to the subject matter. The results of this study indicate that: 1) The state of Islamic education during the colonial period also experienced colonialism. How can it not be said to have experienced colonialism, in order to teach Islamic education to schools, one must first ask permission from the government. In short, during the Dutch and Japanese administrations, both did not provide opportunities for Islamic education to be taught in schools. 2) After Indonesia's independence, step by step, slowly but surely the government's policy towards Islamic education is getting closer to normal. The government in this case the Minister of Education and Culture together with the Minister of Religion succeeded in making a breakthrough, thus spawning policies that support Islamic education. So that religious education can also be taught in schools. In fact, in the end, Law no. 20 of 2003 which states that religious education is a right for every student. The dynamics of Islamic education should make us aware that its journey is full of obstacles and challenges.

Keywords: Development, Islamic Education, Indonesia

 


Full Text:

PDF

References


Adibah, I. Z. (2021). Dinamika Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia Pada Masa Orde Baru (1966-1998). INSPIRASI: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam.

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Nur El-Islam.

Daulay, H. P., & Tobroni. (2019). Islamic Education In Indonesia: A Historical Analysis of Development and Dynamics. Journal of Chemical Information and Modeling.

Daulay, H., & Septiani T. H., E. (2020). Komunikasi dan Dakwah: Strategi Komunikasi dalam Penguatan Wawasan keislaman Remaja. Kalijaga Journal of Communication. https://doi.org/10.14421/kjc.21.02.2020

Fahmi, F., & Firmansyah. (2021). Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia. Al-Liqo: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 06(01), 83–95.

Firmansyah, Firmansyah. (2021). Kelas Bersama dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Pendidikan Islam Melalui Budaya Sekolah Multikultural. Turatsuna : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan.

Firmansyah, Fridiyanto. (2021). MENGELOLA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Studi Etnografi di SMA Sultan Iskandar Muda Kota Medan. Hijri, 10(2), 58–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v10i2.11265

Hasnida, H. (2017). SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PADA MASA PRA KOLONIALISME DAN MASA KOLONIALISME (BELANDA, JEPANG, SEKUTU). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6442

Idris, M. (2013). REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.512

Kesuma, G. C. (2017). Refleksi Model Pendidikan Pesantren dan Tantangannya Masa Kini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1740

Nurrohman. (2015). Islam Dan Kemajemukan Di Indonesia. In Jurnal Asy-Syari’ah.

Prof. Dr. S. Nasution, M. A. (2016). METODE RESEARCH : Penelitian Ilmiah. In Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, R., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Peradaban dan Pemikiran Islam pada Masa Turki Utsmani. Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman. https://doi.org/10.24952/tazkir.v7i1.3781

Santi, K. A., & Yazid, S. K. J. (2020). KONSEP PEMIKIRAN AHMAD TAFSIR DALAM ILMU PENDIDIKAN ISLAM. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah. https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i1.65

Shafa, R., Lubis, L., & Wijaya, C. (2021). Construction of climate of social affection in realizing the noble morals of youth (Phenomenology study in Medan Johor Kota Medan district). International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 3(2), 93–119.

Sholihuddin, M. (2020). Internalization of Principal Curriculum Management in Primary School and Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Islamic Education …. https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/118%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/download/118/94

Sufiyandi, Muhammad Fadhli. (2020). Some Basic Principles in Designing Materials for Students of English for Specific Purpose. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 1–18. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.19

Wijaya, C., Abdurrahman, Saputra, E., & Firmansyah. (2021). Management of Islamic Education Based on Interreligious Dialogue in The Learning Process in Schools as An Effort to Moderate Religion in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5). https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.310

Yusri, D. (2020). Pesantren dan Kitab Kuning. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v6i2.605

ZahrinPiliang, M., Daulay, D. H. H. P., & Siddik, D. H. D. (2017). An Analysis of Integrated Islamic School Al Ulum in Medan, Indonesia. IOSR Journal of Humanities and Social Science. https://doi.org/10.9790/0837-220406100107




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v5i1.13473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan