KONSTRUKSI IDENTITAS VIRTUAL PADA FILM READY PLAYER ONE (2018)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengatahui identitas virtual pada karakter film Ready Player One (2018) karya Ernest Cline. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini juga menjabarkan bagaimana latar belakang dan referensi budaya populer di Ready Player One (2018). Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana realitas nyata dan realitas semu yang digambarkan dalam film. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, upaya manusia memiliki keleluasaan dalam berimajinasi dan merealisasikannya. Film, sebagai salah satu medium komunikasi massa, merupakan wadah kebebasan berimajinasi. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg menggambarkan kehidupan masyarakat moderen pada tahun 2045, dengan perkembangan teknologi yang luar biasa. Suatu piranti yang mengubah manusia menjadi sangat tergantung dengan teknologi. Teknologi informasi dan komunikasi yang menciptakan dunia baru yaitu dunia digital, dengan identitas baru yang bahkan berbeda dengan identitas di dunia nyata memberi tembok besar bagi dunia nyata tentang bagaimana para penduduk manusia tidak saling mengenal didunia nyata namun di dunia virtual. OASIS, dunia tempat pelarian manusia modern dan menciptakan identitas baru yaitu identitas virtual. Tentang bagaimana nilai pertermanan, perjuangan serta alasan-alasan pahit karakter melarikan diri dari kenyataan yang sedih dan gelap.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengambaran simulakra pada kisah hidup yang terjadi di film ini dengan penggambaran dari identifikasi terhadap representasi realitas, identitas, komunitas, dan ruang yang ditampilkan.
Kata Kunci : Film; Realitas Digital; Identitas; Simulakra.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Alo Liliweri, M. (2007). Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ardianto, E., & Erdinaya, L. K. (2004). Komunikasi Massa : Suatu Pengantar . Bandung: Salemba Humanika.
Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Baskin, A. (2003). Membuat Film Indie itu Gampang. Bandung: Penerbit Kanisius.
Connor, S. (2003). The Bok of The Skin. New York: Cornell Univeristy Press.
Effendy, H. (2009). Bagaimana memulai shooting: Mari Membuat Film. Jakarta: Erlangga.
Fausi, A. F. (2020). Implementing Multicultural Values of Students Through Religious Culture in Elementary School Islamic Global School Malang City. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), 2(1), 62–79. https://doi.org/10.47006/ijierm.v2i1.32
Hidayat, M. A. (2017). Menggugat Modernisme: Mengenali Rentang Pemikiran Postmodernisme Jean Baudrillard. Yogyakarta: Jalasutra.
Indonesia, D. P. (208). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Jenkis, R. (2008). Social Identity. United Kingdom: Routledge.
McGushin, E. (2011). Focault's Theory and Practice of Subjectivity. Acumen Publishing.
Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. . Bandung: PT Alfabet.
Sukmadinata , N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sayuti, A. R. (2021). Islamic Law Review on Weighing Practices in Palm Oil Trading (Study on Weighing Practices in Palm Oil Sales and Purchases in …. International Journal of Islamic Education, Research …, 3(2), 120–129. https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/71%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/download/71/55
Wijaya, C., Abdurrahman, Saputra, E., & Firmansyah. (2021). Management of Islamic Education Based on Interreligious Dialogue in The Learning Process in Schools as An Effort to Moderate Religion in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(5). https://doi.org/10.48047/rigeo.11.05.310
Wood, A. F., & Smith, M. J. (2005). Online Communication : Linking Technology, Identity and Culture. New Jersey: Erlbaum Asssociates, Inc.
Yonas, A. R. (2019, September 13). Tribun News. (E. R. Putri, Editor) Retrieved September 19, 2022, from Tribunnewswiki.com: https://www.tribunnewswiki.com/2019/09/13/film-ready-player-one-2018
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v6i2.13472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan