PENGARUH KEMAMPUAN FINANSIAL ORANG TUA SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU SECARA FILOSOFIS

Agus Satria Daulay

Abstract


Abstrak: Tingkat pendapatan orang tua dapat membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan sekolah anaknya tentu berbeda-beda. Kemampuan finansial itu terkadang berdampak pada motivasi siswa dalam menjalani prosespendidikannya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemampuan finasial orangtua siswa terhadap motivasi belajar siswa ditinjau secara filosofis. Penelitian menggunakan pendekatankuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian ini yaitu terdapat 200 siswa kelas V SD di kota Medan. Pengambilan sampel dengan menggunakan Probaliti Sampling yaitu Simple Random Sampling diperoleh 50 siswa. Teknik pengumpulan data, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan linieritas. Sedangkan analisis data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasilpembahasan analisis data dapat diketahui kemampuan finansial Orang Tua di siswa kelas V SD di kota Medan,berpendapatan sangat tinggi 20%, berpendapatan tinggi 30%, berpendapatan sedang 50% berdasarkan penelitian tersebut orang tua siswa di siswa kelas V SD di kota Medan dalam kategori menengah atau sedang. Dari hasil motivasi siswa terdapat 45 siswa (90%) motivasi tinggi dan 5 siswa (10%) motivasi rendah jadi rata-rata siswa di SD tersebut memiliki motivasi yang tinggi. Terdapat Pengaruh positif kemampuan finansial orang tua terhadap motivasi siswa siswa kelas V SD di kota Medan yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,568 yang artinyasebesar 30% variabel kemampuan finansial Orang Tua mempengaruhi motivasi belajar siswa sehingga masih tersisa70 % dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Motivasi belajar, kemampuan finansial Orang Tua


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ahmadi, Abu. 2004.Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ariyanto, Dwi Sofyan. 2011. Pengaruh Antara Motivasi Belajar Siswa dan Tingkat Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunab SMK Negeri 4 Semarang.

Biro pusat Statistik, 2004. Statistik Sosial dan Kependudukan Jawa Tengah. Hasil Susenas. Jakarta: PS.

Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplkasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Darnis,Asli. 2012. Pengaruh Perhatian dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Sijunjung. Jurnal Of Economic and Economic Education.1 (11- 21).

Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu

Gerungan. 2009. Psikologi Sosial.Bandung: PT. Refika Aditama.

Gordon. 2012. The Impact of Family Income on Child Achievement Evidence from the Earned Income Tax Kredit

Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta. Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar.Bandung: CV Pustaka Setia

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Herrhyanto, Nar. 2011. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka. Hidayati dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2010.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara Lacour, Misty. 2011. The effects of poverty on academic achievement. Academic

Louis. 2001. Family Income and Postsecondary Education In Canada

Paramita, Pradnya Putu. 2014. Hubungan Kondisi Ekonomi dan Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan dengan Partisipasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Prabawa, Kadekari. 2014. Pengaruh Sosial Ekonomi dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X4.

Simatupang, Dorlince. 2014. Hubungan Tingkat Pendapatan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Teladan Medan. Slameto. 2010. Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta

Sumadi Suryabrata, 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Thobroni, Mohammad dan Arif Mustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.

Widjdat, Yusri. 2012. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Fauzi, A. (2022). The Role Of The School Committee In Improving School Effectiveness And The Performance Of Junior High School Principles In Aceh Tamiang. International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism, 4(1), 15–27.

Sholihuddin, M. (2020). Internalization of Principal Curriculum Management in Primary School and Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Islamic Education …. https://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/view/118%0Ahttps://journal.yaspim.org/index.php/IJIERM/article/download/118/94




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v6i2.13469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan