STRATEGI PEMBERITAAN TRIBUNMEDAN.COM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA ONLINE

Risya Fakhrana Nasution, Jufri Naldo, Faisal Riza

Abstract


pemberitaan TribunMedan.com dalam menghadapi persaingan media online. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang memantau dari sisi keredaksian TribunMedan.com. Subyek penelitian adalah 4 staf redaksi dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu seseorang yang berada pada bagian pemberitaan online TribunMedan.com, menjadi bagian keredaksian, dan bersedia terlibat dalam penelitan. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebagai sumber konsumsi informasi, media online harus menerapkan strategi yang tepat agar masyarakat senantiasa memakai serta mempercayai informasi dari media tersebut. Ditambah lagi, ketatnya persaingan media online mengakibatkan masyarakat rentan beralih pada media lainnya yang lebih terbaru serta aktual. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa TribunMedan.com dalam menentukan strategi pemberitaan lebih dahulu menentukan manajemen redaksi untuk strategi pemberitaan TribunMedan.com terdiri atas tiga bentuk strategi yaitu (1) a. Konsep Khas ‘Multi Angle’ atau ‘Micro People’, konsep ini menjadikan portal berita TribunMedan.com dapat menghasilkan berita yang banyak dan beragam setiap harinya, dan lebih memperdalam tentang informasi yang disajikan. (2) Pemanfaatan media sosial yang baik dengan banyaknya pengikut pada setiap akun media sosial TribunMedan yang pada keterangan (caption), pembaca akan diarahkan untuk membaca berita selengkapnya pada portal berita TribunMedan.com. (3) Strategi penulisan berita TribunMedan.com, yaitu isi berita yang dimuat harus menyertakan banyak data agar berita dinilai faktual serta menyertakan foto maupun video pada setiap pemberitaannyaagar menarik perhatian pembaca.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Albarran, Alan, A. (1996). Media Economics Understanding Markets, Industries, an Concept. lowa State University Press.

Bungin Burhan, 2006.Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Startegi, untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group

McQuail Denis. 1987. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga

McQuail, Denis. 2000. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Denis McQuail. 2002 Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi kedua,

Jakarta :Penerbit Erlangga

M. Djuanaidi Ghony & Fauzan Almashur. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yyogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mattlew B Miles & Huberman, Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: “UI Press”

Syarifuddin Yunus. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia

Syaibani, Yunus Ahmad, dkk. 2011. New Media Teori dan Aplikasi. Karanganyar: Lindu Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v6i1.12972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan