STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN GERAI KAMPOENG KITA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Rizki Kurnia Ningsi, Solihah Titin Sumanti, Syahrul Abidin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran berupa periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan pemasaran langsung serta faktor pendukung dan penghambat Gerai Kampoeng Kita di media sosial Instagram.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori IMC (Intregated Marketing Communication) yang mencakup bauran pemasaran yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan pemasaran langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaranGerai Kampoeng Kita di media sosial Instagramyaitu periklanan berupa postingan berbagai jenis produk, promosi penjualan seperti potongan harga, big sale, giveaway dan event, hubungan masyarakat yaitu memperkenalkan produk kepada khalayak dengan melakukan persuasi, mengajak diskusi dan pelayanan terbaik, penjualan personal dengan menawarkan secara langsung produk kepada konsumen dan pemasaran langsung dengan melakukan interaksi langsung kepada konsumen untuk mendapatkan respon secara langsung. Konstribusi yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu owner, karyawan dan konsumen Gerai Kampoeng Kita. 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Quran Al-Karim

Ahmad, D. I. (2020). Manajemen Strategis. Cv. Nas Media Pustaka.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Ed Revisi. Rineka Cipta.

Astri Rumondang Banjamahor, D. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. yayasan kita menulis.

Fadli, M. R. (2019). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Farida Nugrahani. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. CV Djiwa Amarta.

Firmansyah, M. A. (2019). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Fithrah, M. F. A. & A. D. S. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram (Studi Kasus Forever Young Crew). E-Proceeding of Management, 4(1), 3123–3130.

Giantika, G. G. (2019). Pemanfaatan Blog Pribadi Di Instagram Sebagai Media Komunikasi Parenting (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @annisast). Jurnal Komunikasi, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.4707

Koesomowidjoyo, S. R. M. I. (2021). Dasar-Dasar Komunikasi. Gramedia.

Kusniadji, S., & Tarumanagara, U. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods ( Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang ). 83–98.

Manzilati, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif : Paradigma, Metode dan Aplikasi. UB Press.

Mardiyanto, D., & Giarti, G. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo). Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 60–66. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.470

Mulyana, D. (2015). Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan "Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi Dalam Pembelajaran. Kencana.

Nurudin. (2010). Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi. Jurnal Komunikator, 5(2), 83–93.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Ridwan, A. (2013). Filsafat Komunikasi. Pustaka Setia.

Ritonga, Z. (2020). Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori & Aplikasi). Deepublish.

Ronal Watrianthos, D. (2020). Kewirausahaan dan Strategi Bisnis. yayasan kita menulis.

Said, H. M. Y. S. dan M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. CV Sah Media.

Setiawan, A. A. & J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Sokhi, N. F. & H. (2019). Strategi Integrated Marketing Communication Produk The Red Ginger Al-Ghozali Di Tambak Dalam Baru Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 165–167.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualtitatif dan R&D. Alfabeta.

Tasnim, D. (2021). Komunikasi Pemasaran. yayasan kita menulis.

Toriquddin. (2015). Etika Pemasaran Perspektif Al-Quran Dan Relevansinya Dalam Perbankan Syariah. De Jurnal, Jurnal Syariah Dan Hukum, 7(2), 120.

Vinolia, N. E. & A. R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Produk Melalui Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro toko Online “Bahan Oke Medan” Di Aplikasi Tokopedia. Jurnal Ilmiah Dan Ilmu Komunikasi, 6(2), 115–119.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. CV Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v6i1.12818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan