KRITIK KONTEKSTUALISASI PEMAHAMAN HADIS M. SYUHUDI ISMA‘IL

Idris Siregar

Abstract


Abstrak: Hadis adalah sumber hukum Islam kedua setelah Alquran, karena hadis adalah al-bayan (penjelas) bagi hukum-hukum yang terkandung di dalam Alquran. Dalam memahamai hadis, seseorang harus mengetahui kondisi dan keadaan sanad dan matan. Selain itu, harus mengetahui situasi dan kondisi yang terjadi ketika Nabi mengeluarkan hadis tersebut. Misalnya dengan mengetahui asbab al-wurud. Kemudian, perlu juga mengetahui sifat-sifat hadis tersebut, apakah umum atau bersifat khusus. Semua itu diperlukan guna untuk mendapatkan pemahaman yang tepat mengenai suatu hadis. Salah satu ulama Indonesia yang selalu menganalisa dengan Nabi adalah M. Syuhudi Ismail dalam bukunya Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual: Telaah Ma‘ani al-Hadits tentang Ajaran Islam yang Universal, Temporal dan Lokal. Dalam kesempatan kali ini, akan dilihat beberapa pemahaman kontekstual dalam buku itu yang kurang tepat, seperti kepemimpinan wanita. Karena itu, kajian ini akan mengkritik pemahaman konteksrual tersebut.
 
Kata Kunci: hadis, kritik, kontekstual, M. Syuhudi Ismail

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Arifuddid. M.Syuhûdi Ismâ ‘îl Paradigma Baru Dalam Memahami Hadis Nabi. Jakarta: InsanCemerlang, tt.

Al-‘Asqalânî, Ahmad Ibn ‘Ali Ibn Hajr. Fath al-Bâri , Juz XIII. Beirut: Dâr al-Fikr, tt.

Al-Bukhâri. Shahîh al-Bukhâri, Kitâb al-Magâzi, Bâb Qaul Allâh, Juz 11, No 3184. Beirut: Dâr al-Fikr, 1981.

Al-Marâgi, Ahmad Mushthâfa. Tafsîr al-Marâgi, Juz II. Semarang: Toha Putra, 1998.

Al-Munâwi, Muhammad al-Mad ‘u bi ‘Abdi ar-Rauf. Faid al-Qadîr, Juz III. Beirut: Dâr al-Ma ‘rifah, 1972 M/ 1391 H.

Al-Naisabûri, Muslim Ibn al-Hajjâj. Shahîh Muslim, Kitâb at-Thalâk, Bâb Bayân Anna Kulla Muskirîn, Juz 10, No 3733. Beirut: Dâr al-Fikr, 1414 H/ 1993 M.

Al-Qardhâwi, Yûsuf. Sunnah Rasul; Sumber Ilmu Pengetahuan dan Peradaban, (Terj.) Cet.I. Jakarta: Gema Insani Press, 1997.

Al-Qurthubi, Abû ‘Abdillâh Muhammad Ibn Ahmad. al-Jâmi ‘ li Ahkâm Alqurân, Jilid XIII. Beirut: Dâr al-Kutub al-Islâmiyah, tt.

An-Nawâwi. Shahîh Muslim bi Syarh an-Nawâwî, Kitâb at-Thahârah, Bâb Khishal al-Fithri. Kairo: al-Mathba ‘ah al-Mishriyah bi al-Azhâr, 1929 M.

Ardiansyah. “Konsep Sunnah dalam Perspektif Muhammad Syahrur: Suatu Pembacaan Baru dalam Kritik Hadis,” dalam MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 33, No. 1, 2009.

As- Sa’di, ‘Abdurrahmân. Qawâ’id al-Hisân, Medan: al-Jâmiah as-Sunah, 1435 H.

As- Shiddieqy, M. Hasbi. Koleksi Hadis-Hadis Hukum. Bandung: al Ma’ârif, 1976.

As-Shan‘ânî. Muhammad Ibn Ismâ ‘îl al-Kahlânî. Subul al-Salâm Syarh Bulûg al-Marâm Min Adillah al-Ahkâm. Bandung: Dahlan, tt.

As-Sidawi, Abû Ubaidah Yûsuf Ibn Mukhtar. Membela Hadis Nabi. Bogor: Media Tarbiyah, 2012.

As-Suyuti, Abî al-Fadhl Jalâl ad-Dîn ‘Abd ar-Rahmân. Asbâb al-Wurûd al-Hadîts. Jakarta: Dâr al-Kutub al-Islâmiyah, 2012.

At-Turmudzi, Abû ‘Îsa Muhammad Ibn ‘Îsa. Sunan at-Turmudzi, Kitâb al-Adab, Bâb Mâ Jâa Anna al-Malâikah, Juz 9, No 2728. Beirut: Dâr al-Fikr, 1980 M.

Hamdani, Muhammad Faisal. Metode Hermeneutika M. Syahrur Dalam Memahami Alquran Dan Implikasinya Terhadap Penetapan Hukum. Jakarta: Gaung Persada, 2012.

Hanbal, Abu Abdillâh Muhammad Ibn Ahmad Ibn. Musnad Ahmad Ibn Hanbal, Kitâb Bâqi Musnad al-Anshâr, Bâb Hadîts Sayyidah ‘Âisyah, Juz 6. Beirut: al-Maktabah al-Islâmi, 1398 H/ 1978 M.

Hazbullâh, Abû Muhammad Ibn Shalih Ibn. Mencukur Jenggot dan Isbâl. Jakarta: Pustaka Ibn Umar, 2015.

Ismâ‘îl, M. Syuhûdi. Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual: Telaah Ma’âni al-Hadîts tentang Ajaran Islam yang Universal, Temporal, dan Lokal. Jakarta: Bulan Bintang. 1994.

Ismâ‘îl, M. Syuhûdi. Kaedah Kesahihan Sanad Hadis Telaah Kritis dan Tinjauan Dengan Pemdekatan Ilmu Sejarah. Jakarta: Bulan Bintang, 1995.

Khallâf, ‘Abdul Wahhab. Ilmu Ushûl Fiqih, terj. Moh. Zuhri dan Ahmad Qarîb, Edisi Kedua. Semarang: Dina Utama Semarang, 2014.

Misrah. “Kebebasan Beragama dalam Perspektif Hadis,” MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 34, No. 2, 2010.

Nasional, Departemen pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, cet. 4, 2012.

Nasution, Khoiruddin. “Wali Nikah Menurut Perspektif Hadis,” dalam MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 33, No. 2, 2009.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1984.

RI, Departemen Agama. Alqurân dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 2010.

Syihab, M. Quraish. Kata Pengantar dalam Muhammad al-Gazali, Studi Kritis Atas Hadis Nabi Saw: Antara Pemahaman Tekstual dan Kontesktual, (Terj.), Cet.I. Bandung: Mizan, 1991.

Syihab, M. Quraish. Tafsîr al-Mishbâh: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran, Volume I. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Wahid, Ramli ‘Abdul. Kuliah Agama Ilmiah Populer. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.

Wahid, Ramli ‘Abdul. Peranan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi Sekuler. Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Yuslem, Nawir. “Kontekstualisasi Pemahaman Hadis,” dalam MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 34, No. 1, 2010.

Zulheldi. “Eksistensi Sanad dalam Hadis,” dalam MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 34, No. 2, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: