IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 16 MEDAN

Nurrahmidah Nurrahmidah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran
yang dilakkan guru PAI di SMP negeri 16 Medan? 2) Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis lingkungan sekolah yang
dilaksanakan di SMP Negeri 16 Medan? 3) Bagaimana hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PAI berbasis lingkungan skeolah di SMP Negeri 16
Medan? 4) Apa perubahan positif pada lingkungan sekolah setelah
pelaksanaan pemeblajaran PAI berbasis lingkungan skeolah di SMP Negri
16 Medan?. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, yaitu
penelitian yang dilakukan secara alamiah dengan memanfaatkan peneliti
sebagai instrument penelitian. Subjek penelitian ini adlah guru PAI,
kepala sekolah, dan siswa SMP Negeri 16 Medan. Data diambil melalui
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dinanalisis berdasarkan
reduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan. Hasil penelitin
ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran yang
dilakukan oleh guru PAI sesuai dengan standar kurikulum. Guru PAI
menyusun rencana pembelajaran berdasarkan visi dan misi sekolah,
standar kompetensi, dan juga disusun berdasarkan pola pembelajaran
yang menarik dan inovatif. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang
berlangusng menarik dan menyenangkan. siswa menunjukkan sikap
antusias terhadap pembelajaran PAI yang dilaksanakan oleh guru. 3)
Hasil belajar siswa meningkat setelah selesai pembelajaran PAI, dimana
siswa dapat mengerjakan PR yang diberikan guru, UTS yang diberikan
guru, dan UAS. Dimana siswa memperoleh nilai di atas KKM. 3)
Peribahan yang terjadi di SMP Negeri 16 Medan adalah peribahan positif,
dimana lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan rapi. Aktivitas
warga sekolah menjadi lebih positif, dan senang dalam melestarikan
lingkungan, hemat menggunakan air, dan memanfaatkan sumber daya
dalam membuat lingkungan semakin indah.

Keywords


Pembelajaran PAI, Lingkungan Sekolah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abi Muhammad Ibn Ahmad al-Ansari al-Qurtubi, (1967) Jami

Al-Ahkam Al-Qur‟an. Mesir: Darul Kutub.

Abi Abdullah Muhammad Ibn Ahmad al-Ansari al-Qurtubi, (1967) Jami

Al-Ahkam Al-Qur‟an, (Mesir: Darul Kutub.

Al-Anwari, Amiril Mukmini. Strategi Pembentukan Karakter Peduli

Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib, Vol. XIX, No. 02.

(November 2014): 227-252.

Al-Bukhori, Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il, Shahihul Bukhari jilid 3.

(Beirut: Darul Fikr, 1415).

Al-Faraj, Abi, Jamaluddin Abdurrahman Ibn Ali Ibn Muhammad Al

Jauzi, (1994) Zadul Masir Fi ‘Iilmi Tafsir. Libanon: Darrul Kutb..

Andang, (2014) Keijakan Kurikulum Reorientasi Pendidikan Nasional

Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Malang: UMM Press.

Arsyad, Azhar. (2016) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aziz, Erwati. (2013) Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup melalui Pendidikan

Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baqi, Muhammad Fuad Abdul . (19960 Al-Lu’lu’ wal Marjan. (Surabaya:

Bina Ilmu.

Basrowi & Suwandi. (2008) Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka

Cipta

Borg, W.R., dan Gall, M.D. (1989) Educational Research: An Introduction.

London: Longman, Inc.

Bungin, B. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif; Komunikasi, Ekonomi dan

Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Departemen Pendidikan Nasional, (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pusat Bahasa,: Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khaeruddin, et.al., (20070 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Jogjakarta: Pilar Media.

Majid, Abdul. (20060 Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep

dan Implementasi Kurikulum 2003. Bandung: Rosda Karya.

Mappiare, A. (20060 Kamus Istilah Konseling dan Terapi. Jakarta:

RajaGrafindo Persada.

Muhaimin, (2001) Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan

Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (20150 Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:

Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosda Karya.

Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Seri Kajian Filsafat

Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.

Nata, Abuddin. (2012) Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukanda, Agus S. (2011) Akhlaq Lingkungan, Panduan Berperilaku Ramah

Lingkungan. (Yogyakarta: KNLH RI dan LLH PP Muhammadiyah.

Supriadi, Dedi. (2005) Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Supriadi. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis

Lingkungan Alam Sekitar di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya. Dosen

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah

Palangkaraya,2015.

Suryosubroto. Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Susapti, P. Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan di MI. Workshop

Internasional Pendidikan Sains Berbasis Lingkungan yang

diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)

Salatiga pada tanggal 6-8 Agustus 2009.

Susilawati,Ulfa. (2011) Menanamkan Etika Lingkungan Hidup dalam

Bingkai Pendidikan Islam,dalam Hamam (editor), Madrasah dan

Pelestarian Lingkungan Sumbangan Konseptual dan Strategi Aksi,

Salatiga: STAIN Salatiga Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v3i1.5477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib