IMPLEMENTASI PROGRAM MUFRODAT, MUHADTSAH, DAN MUHADHARAH ¸DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAH ARIEF ACEH TENGGARA

Khairul Anwar, Yusdianto Marari Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program mufrodat, muhadatsah, dan muhadhoroh dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris di Pondok Pesantren Al-Fattah Arief? Dan apa kendala dalam mengimplementasikan Program Mufrodat, Muhadatsah, dan Muhadhoroh dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris di Pondok Pesantren Al-Fattah Arief?. Adapun jenis penelitian Jenis penelitian ini penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi,s edangkan teknik analisa data melalui pengumpulan data, seleksi, pengkodean dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Santri dan santriwati: Perlu dimotivasi dalam memperbaiki bahasa, meningkatkan kemandirian, mencari kosa kata sendiri, dan membaca serta melukis sendiri. b) pada tenaga pendidik hendaknya lebih tingkatkan kemampuan bahasa dan perbanyak praktek dalam mengajar bahasa. c) bagi sekolah hendaknya melengkapi daftar kosakata di tempat strategis dan memberikan motivasi dengan bentuk hadiah kepada yang berprestasi dalam berbahasa.

Keywords


Program Mufrodat, Muhadtsah, Muhadharah, Berbahasa Arab, Inggris

Full Text:

PDF

References


Dewi, E. (2016). Model Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu. Manhaj, 4(2), 98=106. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj/article/view/152/139

Habibie Alvons, P. M. (2022). Peran Bagian Bahasa Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris Santriwati Pesantren Hubulo. Jurnal Eduscience, 9(3), 602–614.

Halim Aad Abdullah, B. M. H. (2023). Strategi Pembelajaran Lembaga Kursus Al-Azhar Didik Dalam Muhadastah. 2(01), 62–80.

Kristiawa Muhammad, Safitri Dian, L. R. (217 C.E.). Manajemen Pendidikan (1st ed.). Deepublish.

Masrur Moh, Aulia Maya, T. M. (n.d.). Penerapan Program Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Maharah Al Kalam Di Sma It Insan Mulia Boarding School Pringsewu , Lampung. 16–23.

Muchtar, M. I. (2022). Implementasi Program Asrama dalam Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab Mahasiswi Ma`had Al Birr Universitas Muhammadiyah Makassar. 1(10), 3751–3760.

Rahmawati, B. L., Malik, M., & Malang, I. (2023). Innovation in Teaching Arabic Speaking Skills in a Constructivism Theory Review at Nurul Hakim PPKh-KMMI Putri Kediri West Lombok Inovasi Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dalam Tinjauan Teori Kontruktivisme di Nurul Hakim PPKh-KMMI Putri kete. 2(2), 181–191.

Setiawan Hasrian Rudi, S. F. K. (2014). Pengaruh Metode Muhadharah Terhadap Kemampuan Bahasa Arab Santri Di Pondok Pesantren Darularafah Raya. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 327–346. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd

Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Ma’Had Bilal Bin Rabah Sorong. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Syagif, A. (2022). Strategi Penguatan Literasi Berbahasa Arab Bagi Santri Milenial. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 13(1), 73–86. https://doi.org/10.47625/fitrah.v13i1.375




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.17400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib