PEMIKIRAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM

Miftahus Sa’diyah, Khairul Anwar, Nur Asyiah Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi tentang Pendidikan Islam dan relevansi pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi tentang Pendidikan Islam dengan pendidikan Era Modern masa kini, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Pustaka (Library Research), digunakan untuk memecahkan problem yang bersifat konseptual-teoritis, baik tentang tokoh pendidikan ataupun konsep pendidikan. Penelitian ini  memiliki 2 sumber data penelitian, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode penelitian ini menggunakan metode induksi, deduksi dan keseimbangan historis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan dalam Islam menurut Muhammad Athiyah Al-Abrasyi serta relevansinya terhadap pendidikan era modern masa kini. Pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi tentang pendidikan Islam menunjukkan bahwa pendidikan Islam merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu, menjadikan pendidikan akhlak sebagai tujuan pendidikan Islam tertinggi, karena untuk menjadikan anak didik yang memiliki jiwa dan akhlak yang baik, selalu berfikiran positif, lembut perasaannya, manis tutur katanya baik lisan ataupun dengan tulisan. Pendidikan Islam menurut pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi dengan pendidikan di era modern masa kini belum relevan, karena pendidikan Islam idealisnya tidak sesuai dengan realitanya, terdapat kesenjangan antara umum dengan agama. Terdapat perbedaan antara pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi dengan pendidikan modern masa kini. Menurut Muhammad Athiyah Al-Abrasyi pendidikan Islam merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, pendidikan Islam juga sangat berpengaruh pada proses pembentukan moral ataupun etika. Sedangkan pendidikan di masa kini masih kurangnya Moral dan Etika terhadap orang yang lebih tua, sebaya, dan lingkungan sekitar, sehingga banyak terjadi permasalahan yang menjadi pemicunya.


Keywords


Pemikiran, Muhammad Athiyah Al-Abrasyi, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Armanila, Harahap, H. S., Siahaan, H., & Lubis, H. Z. (2022). The Principal’s Strategy in Maintaining The Quality of Education During The Covid 19 Pandemic at PAUD Adinda Tebing Tinggi. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 3(1), 410–417.

Ghazali, D. (2009). Teori Dan Model Pengajaran Pendidikan Islam. Masalah Pendidikan, 32, 113-.

Haudi. (2020). Dasar-dasar Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri. https://doi.org/978-623-6977-61-3

Julis, D. (2015). Al-Ghazali : Pemikiran Kependidikan dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 6, 129–140.

Kurniawan, T. (2020). Pendidikan Moral Lawrence Kohlberg. Betang Filsafat, 8(31), 1–8.

Mappasiara. (2017). Filsafat Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 269. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5231

S, H. N. A. dan M. (2003). Watak Pendidikan Islam. Friska Agung Insani.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif R & D (26th ed.). Alfabeta Civy.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif (3rd ed.). Alfabeta.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 Tahun 2003 (4th ed.). (2007). Sinar Grafika.

Wantah, M. J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.17201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib