MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII

Nurul Hidayah, Abdul Azis

Abstract


Penelitian ini membahas tentang meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas vii dalam metode jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas vii dalam metode jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan memenuhi KKM. Dalam proses pembelajaran peneliti menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, terbukti dengan menggunakan metode jigsaw telah meningkatkan prestasi siswa. Sebagai hasilnya siswa mampu menerima materi yang di sampaikan dan mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Hal ini adanya perubahan hasil belajar khususnya mata pelajaran pendidikan agama islam

Keywords


Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI, Metode Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Fattah, N. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah, (MBS) dan Dewan Sekolah. Pustaka Bani Quraisy.

Hasnawati, S. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak. 6581, 149–158.

Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. In Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) (Vol. 6, Issue 1, p. 193). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Indriani, D. E. (2017). Character Education Based on Pancasila Values Through Curriculum 2013 on Primary Education Children in Madura. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i1.312

Kholis, N. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia, and New Zealand. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, 20(4), 478–492. https://media.neliti.com/media/publications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 Tahun 2003 (4th ed.). (2007). Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.17133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.