PEMIKIRAN MUHAMMAD ABDUSSALAM AL-AZMY TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB AL-TARBIYATUL ISLAMIYAH AL-USHUL WA AT- TATHBIQAT

Kamilah Ezra Pane, Muhammad Riduan Harahap, Eka Zualiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan Islam menurut pemikiran Muhammad Abdussalam al-Azmy dan bagaimana relevansi pemikiran Muhammad abdussalam al-Azmy tentang pendidikan Islam terhadap Pendidikan Islam masa kini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan Library Resarch, yang mana pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mengambil sumber-sumber yang diperboleh dari karya-karya Muhammad Abdussalam Al-Azmy dan sumber lain nya yang relevan. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan metode interpretasi dan hermeneutika serta kesinambungan historis. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pemikiran Muhammad Abdussalam Al-Azmy tentang Pelajaran Islam Tiga prinsip besar adalah dasar-dasar pendidikan Islam yang harus dipahami oleh semua pendidik dan peserta didik. Karena aqidah mengatur gerak kita, Aqidah Dasar memiliki tingkatan yang harus didahulukan sebelum Dasar Taabbudiyah dan Dasar Fikriyah. Segala sesuatu yang Allah senangi dan senangi baik dalam ucapan maupun perbuatan adalah dasar ibadah yang kedua. Keterkaitan antara filsafat dan pendidikan menghasilkan hasil yang sama pada keduanya, menurut hasil rasional ketiga. berdasarkan kajian ini, pendidikan Islam sangat penting bagi kehidupan didunia dan akhirat, karena tujuan pendidikan Islam adalah meraih ridha-Nya Allah Swt. MuhammadAbdussalam Al-Azmy memberikan menjelaskan bahwa pendidikan Islam menyiapkan seorang muslim dengan persiapan yang menjadikan peserta didik taat dan berkualitas dari setiap langkah pertumbuhannya Hal itu, menjadikan bahwa pendidikan Islam posisi yang dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari

Keywords


Pemikiran Muhammad Abdussalam Al-Azmy, Pendidikan Islam, Kitab Al-Tarbiyatul Islamiyah Al-Ushul Wa At-Tathbiqat.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahmah Muhammad. (2016). Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. PT. Raja Grafindo Persada.

Aini, N., Armanila, A., & Harahap, M. R. (2021). Pembiasaan Pola Hafalan Ayat Pendek Pada Anak Usia Dini Di Ra Luqman Al-Hakim, Kalangan, Tapanuli Tengah. Hibrul Ulama, 3(2), 31–40. https://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/hibrululama/article/view/163%0Ahttps://univamedan.ac.id/ejurnal/index.php/hibrululama/article/download/163/140

Armanila, Hilda Zahra Lubis, S. N. (2022). Implementasi Pendidikan Seks Berbasis Konsep Islam. 6(1), 42–56.

Armanila, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Melalui Pembelajaran Tematik Di Tk Zulhijjah Medan. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 63. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5480

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Brooks, J. (2011). The Process of Parenting. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khadijah. (2013). Belajar dan Pembelajaran.

Kosim. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun. 11(April), 83–95.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497

Mappasiara. (2017). Filsafat Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 269. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5231

Munastiwi, E., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Pendidikan, U., Idris, S., Tun, U., & Onn, H. (2021). Dampak Pendidikan Keagamaan Islam Terhadap Pengembangan Anak Dini Nilai-nilai Agama dan Moral Di Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia dan Malaysia Anak usia dini merupakan masa yang paling esensial atau awal yang disebut dengan. 10(June), 49–66. https://doi.org/10.14421/jpi.2021.101.49-66

Sobry, M., & Fitriani, F. (2022). Metode Guru PAI Dalam Mengembangkan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa Kelas V SDN 12 Mataram. El Midad, 14(2), 136–154. https://doi.org/10.20414/elmidad.v14i2.5385

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD,. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.17057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.