NILAI-NILAI DEMOKRASI PENDIDIKAN DALAM ISLAM (STUDI PEMIKIRAN PROF AL RASYIDIN)

Tengku Dara Cintya, Muhammad Riduan Harahap, Eka Zualiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai demokrasi pendidikan dalam Islam dan implikasinya dalam pandangan Al Rasyidin.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang mana pengumpulan datanya menggu nakan metode dokumentasi dengan mengambil sumber-sumber yang diperoleh dari karya-karya Al Rasyidin dan sumber lain yang relevan. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan metode interpretasi dan hermeneutika, induksi dan deduksi, serta kesinambungan historis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai demokrasi pendidikan dalam Islam adalah nilai-nilai demokrasi yang sudah universal dan selaras dengan nilai-nilai berdasarkan sumber hukum Islam, kemudian diinternalisasikan dalam pendidikan. Al Rasyidin merumuskan nilai-nilai demokrasi tersebut yaitu keadilan, kebebasan, persamaan, musyawarah, kemajemukan, dan toleransi yang bersumber dari Al-Qur’an, hadis Rasul, dan Konstitusi Madinah. Nilai-nilai tersebut dapat diimplikasikan dalam pendidikan melalui metode pengajaran yang demokratis. Pengaplikasian nilai-nilai di atas dapat membangun moralitas dan religiusitas peserta didik sehingga dapat menciptakan insan yang bermoral dan berkarakter. Terciptanya insan yang bermoral dan berkarakter, dapat menghapus tindakan-tindakan amoral saat ini beserta fenomena buruknya, akibat dari minimnya pendidikan nilai.

Keywords


Nilai-nilai Demokrasi, Pendidikan, Islam.

Full Text:

PDF

References


Apriani, N. W., & Aryani, N. K. (2022). Moderasi Beragama. In Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.737

Armanila, Dirja Hasibuan, Hasnah Siahaan, Abdul Halim, Mesran, S. H. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Tingkat Dasar Dengan Memanfaatkan Limbah Sampah Di Sekolah. 1(05), 486–493.

Dhea Shafira, Armanila, I. K. S. (2022). Hubungan Interior Ruang Belajar dan Bermain Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Di. JoECCE Journal of Early Childhood and Character Education, 2, 1–16.

Fadli, M. R., & Sudrajat, A. (2020). Keislaman Dan Kebangsaan: Telaah Pemikiran Kh. Hasyim Asy’Ari. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 109. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3433

Khoirul, A. (2021). Pendidikan Islam Multikultural: Konsep dan Implementasi Praktis di Sekolah (1st ed.). Academia Puplication.

Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497

Maragustam, M. (2021). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SPIRITUALITAS KEAGAMAAN DAN CINTA TANAH AIR (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). DAYAH: Journal of Islamic Education, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.22373/jie.v4i1.7122

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, 20(4), 478–492. https://media.neliti.com/media/publications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf

Nata, A. (2000). Pemikiran para tokoh pendidikan Islam. In Seri kajian filsafat pendidikan Islam (2nd ed.). Gramedia.

Slamet, S.-. (2020). Multicultural Values: An Analysis of the Indonesian Literacy Disregard. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 5(1), 23–31. https://doi.org/10.26618/jed.v5i1.2838

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Interpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.17056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.