EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE IQRA’ KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN SISWA KELAS IV DI MI AL-MUKARROMAH LEMAHABANG KARAWANG

Fitria Nuramalia, Achmad Junaedi Sitika, Nurhasan Nurhasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Iqro’ klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an siswa kelas IV di MI Al-Mukarromah Lemahabang Karawang. Peneliti terfokus pada efektifnya penggunaan metode Iqro’ klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana metode Iqro’ klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an dengan cepat dan tepat sesuai dengan target yang diinginkan metode Iqro’. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun upaya untuk meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an yang dilakukan di MI Al-Mukarromah antara lain: kerja sama dengan orang tua tau wali murid, dan memberi pujian atau hadiah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas penggunaan metode iqra’ dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mukarromah  sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan pencapaian yang di raih. Hasil yang diperoleh dari efektivitas penggunaan metode Iqro’ klasikal dengan menggunakan tes yaitu pada umumnya siswa mendapat nilai "Baik sekali" dengan nilai >80-100 tetapi ada 3 siswa dari 36 siswa yang mendapatkan nilai “Baik” dengan nilai 70-80. Adapun pembelajaran sebelum menggunakan metode Iqro’ klasikal MI Al-Mukarromah menggunakan metode Baghdadi pada tahun 2012-2019. Metode baghdadi membutuhkan waktu yang cukuplama, dan juga mengenalkan hurufnya dengan huruf asli sedangkan sekarang sudah di modifikasi sehingga sulit diketahui. Tidak sedikit siswa yang belum mengenal huruf hijaiyyah, Pada umumnya siswa mendapat nilai “Cukup” dengan nilai 60-70 berjumlah 8 orang. Sedangkan siswa yang lain yang mendapat nilai “Baik” dengan angka nilai >70-80 berjumlah 2 orang dan siswa yang mendapat nilai “ Baik Sekali” yang angka nilainya >80-100 berjumlah 5 orang. Faktor penunjang dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mukarromah terlihat adanya dari fasilitas yang selalu di utamakan, sarana dan prasarana, Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran baca tulis Al-Qur'an menggunakan metode iqro’ sangat cermat, pendidikan guru di MI Al-Mukarromah ini cukup baik, karena banyak guru-guru yang alumni pondok pesantren yang tentunya sudah mahir dan fasih dalam membaca Al-Qur’an dan menguasai ilmu agama lainnya. Adapun kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mukarromah antara lain adalah Kurangnya perhatian Orang tua, guru memiliki karakter tidak disiplin.

 


Keywords


Efektivitas, Metode Iqro’, Motivasi, Belajar Membaca Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abdurrohman, D. (2017). Efektivitas Program Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA Al-Hikmah Desa Sidosari Natar Lampung Selatan. In UIN Raden Intan Lampung.

Airlanda, P. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Al-Quran, buta huruf. (2023). Buta Huruf Al-Quran Masih Menimpa Banyak Umat Islam. Buta Huruf Al-Quran Masih Menimpa Banyak Umat Islam.

Hardiana. (2021). Thaha Saifuddin Jambi. Hardiyana 201172260 Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, July, :1.

Iii, V., Juli, N., & Rokan, S. (2022). Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Motivasi Belajar dalam Pandangan Al- Qur ’ an Yuliana Siregar Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. III(3), 279–291.

Karawang, U. S. (n.d.). Problematika pembelajaran al- qur’an pada smp ibnu sina bandung. 185–192.

Kustianingrum, A. (2020). Peranan Metode IQRO’pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA …, 6.

Ramadhan, S. S. (2020). PENERAPAN METODE IQRA’DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Pada Rumah Qur’an Miftahussa’adah Desa Mandiri ….

Samadri. (2020). 15422136 Samadri. EFEKTIVITAS BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN METODE IQRA’ DI TPA AL-FURQON DUSUN REJOSARI, SARDONOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA.

Vlasova, O. S., & Bichkaeva, F. A. (2021). Возрастные Изменения Параметров Углеводного Обмена И Обеспеченности Витаминами В1, В2 У Жителей Двух Северных Регионов. Klinicheskaia Laboratornaia Diagnostika, 66(8), 465–471. https://doi.org/10.51620/0869-2084-2021-66-8-465-471




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v8i1.16911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.