PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH PERSIAPAN NEGERI 4 MEDAN

Hendri Fauzah, Mita Maharani

Abstract


character education at Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Medan preparation is not optimal because the lesson plan includes several character values in the syllabus and lesson plans. In the implementation of learning, it applies twelve character values out of the eighteen character values contained in the character education development guidelines issued by the Ministry of National Education. The values applied in the implementation of learning such as religion, tolerance, discipline, democracy, curiosity, national spirit, love of the motherland, respect for achievement, love to read, care for the environment, care for the social and responsibility. For the evaluation of learning the assessment used is observation to observe student behavior, and assignments to determine student learning progress

Keywords


Character building. IPS

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Karim, Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia, 2013.

Asih, M.F (2014). Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ips di sekolah menegah pertama (smp) Negeri 1 Blado. Jurnal Pendidikan ekonomi ikip veteran semarang. Vol. 2 no. 1/ November

Basuki, S, dkk., (2013). Analisis keterkaitan Bahan ajar IPS dengan muatan pendidikan karakter di SMP 1 Ngadirojo Kb. Wonogiri. Jurnal teknologi pendidikan. Vol. 1 NO. 2: hal 178-188

Chairiyah, C. (2017) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN, LITERASI: Indonesia Journal of Hamanities, 4(1), pp, 42-51.

E. Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Panduan Praktis. Bandung:Remaja Rosda Karya.Fitri, Agus Zaenul. 2012. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Heri. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung, Cv, Alfabeta, 2012.

Hidayah, Luluk “Integrasi Pendidikan Berkarakter Pada Pembelajaran IPS Terpadu dalam Mengamalkan Nilai-Nilai Moral Siswa Kelas VII MTsN Kota Probolinggo” Skripsi S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017

Hidayat. S.A. (2012). Manajemen sekolah berbasis karakter. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Volume 1 No. 1 Januari

Idrus, H, at all (2014), integrating Soft Skills in the Teaching of Hard Sciences at a Private University: A Preliminary Study. Pertanika J. Soc. Sci. & Hum. 22 (S): 17-32.

Jalaludin. Membangun SDM Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal UPI:PenelitianPendidikan,2012.http://jurnal.upi.edu/penelitianpendidikan/view/1850/membangun-sdm-bangsamelalui-pendidikan-karakter.html (diakses 10 Maret 2022)

Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Lickona, T. (1992) Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York : Bantam Books.

Lickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter, terjemahan J.A. Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara,2013.

Lickona, Thomas. What Is Good Character?. Research Gate:Reclaming Children and Youth, 2001 Maksudin.Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2013.

Mendikbud (2003) UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA. Available at : https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm (Accessed : 20 Maret 2022).

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Puskurbuk. 2011. Nilai-nilai Pendidikan Karakter. Diakses melalui: www.puskurbuk.net

RI, U.-U.(2003) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, p.37.

Syarbini, A. (2014) Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: PT Gramedia.

Syarbini, Amirulloh (2013) model pendidikan karakter dalam keluarga, Jakarta: Kompas Gramedia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zubaedi (2011) Desain Pendidikan Karakter, Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta:Kencana.

Shihab, Quraish,M, Membumikan al-Qur’an (Bndung:Mizan, 1998, Cet.18).

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta,CV. https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/

Sukiyat, Prof. D. (2020) STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Yuniardi, Diah “implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP 1 Ciputat” Skripsi S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.14643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib