UPAYA MENINGKATKAN KELINCAHAN MELALUI VARIASI LATIHAN BULU TANGKIS PADA SISWA KELAS IV MIS AL-ISYA HAKIM T.P 2019

Mh. Ilyasa

Abstract


Penelitian Ini dilakukan di MIS Al-lsya Hakim.Penelitlan ini dilaksanakan pada bulan September 2019 Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Al-lsya Hakim T.P 2019yang mana berjumlah 26 siswa. Metode penelltlan ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar kelincahan. Tujuan skripsi ini untuk menjadi bahan yang dapat dipertlmbangkan oleh sekolah untuk meningkatkan hasil belajar permaianan bulu tangkis Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan lari bolak balik masth rendah. Dari 26 siswa terdapat 15 siswa (57,690/0) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan Il siswa (42,300/0) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 6,61 . Sedangkan pada siklus II dapat dillhat kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat Dari 26 siswa terdapat 23 siswa (88,460/0) yang telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 3 siswa (l I ,53%) belum mencapal ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 7,30 . Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik keympulan bahwa pembelajaran melalui variasi latihan bulu tangkis dapat meningkatkan kelincahan pada siswa kelas IV MISAI - Isya Hakim T.P 2019.


Keywords


Bulu Tangkis

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman, (2009), Belajar dan Pembelajaran, Bandung Alfabeta.

Arikunto dkk, (2009). Penelitian Tindakan Kelas , Jakarta : Burni Aksara.

Bahagia, Y, Suherman, A. (2000). Atletik, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dahar, R.W., (1991), Teori-Teori Belajar, Jakarta: Erlangga.

Dimyanti, (1994), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Engkos Kosasih. (1985). Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta Akademika Presindo.

Hamalik, Oemar, (2008), Proses Belajar Mengajar,Jakarta: PT. Burni aksara.

Muhajir (2004). Pendldikan Jasmani. Teori dan Praktek, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rudi, Susilana, (2007), Media Pembelajaran Hakikat,Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Bandung : CV. Wacana Prima

Sudjana, (1992). Metode Statistika Penerbit Tarsiko.

Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.

Supandi. (1992). Startegi Belajar Mengajar Pendldikan Jasmani dan Kesehatan Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Simaremare, Aman (2007) Kemampuan Dasar Mengajar. Universitas Negeri Medan, Fakultas Ilmu Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v3i1.12812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.

 Jam Kerja

09.00 -17.00 Wib