PENGEMBANGAN PERMAINAN PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIYAH NU
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengembangan dari permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif pada anak 5-6 tahun di TK ISLAMIYAH NU. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen, teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi, catatan anekdot dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini adalah melalui run test. Berdasarkan penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan motorik kasar), kecerdasan (daya pikir dan daya cipta, kecerdasan emosi, spirirual), sosial emosional (sikap dan prilaku serta beragama), bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang di lalui oleh Anak Usia Dini. Maka hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan selama satu bulan serta data akhir menggunakan Run-test menunjukan hasil bahwa: Terdapat pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kogntif anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil postest dan pretest kelas eksperimen dan kontrol, Pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif pada anak pada kelas eksperimen mengalami kenaikan 81,5% dari hasil sebelumnya 75% meningkat menjadi 87,25%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darsinah. 2011. Perkembangan Kognitif. Surakarta : Universitas Muhammdiyah Surakarta.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.http://pondokibu.com/manfaat-bermain-Puzzle-untuk-anak.html (diaskes, Kamis, 28 Meii 2022, 10.30 WIB)
Ismail, Andang. 2011. Edukation Games. Jogjakarta : Pro U Media.
Jumali. 2008. Landasan Pendidikan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muzamil, Anggani. 2010. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta : PT Grasindo.
Nazir. 1999. Metedologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Karya Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabet.
Spondek. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta : PT Grasindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.
Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berdasarkan Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT Indeks.
Sujiono, Yuliani. 2009. Metode Pengembangn Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.
Sujiono, Yunliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.
Sukmadinata, Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rodakarya Offset.
Widiyanto. 2008. SPSS for Windows Program. Bandung : Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.11662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.
Jam Kerja
09.00 -17.00 Wib