The Effect of Product Quality, Personal Seling and Certification on The Desicion to Purchase Oriflame Products in Yogyakarta

Uswatun Khasanah, Abdul Salam, Febrian Wahyu Wibowo, Al Haq Kamal

Abstract


This study aims to analyze the influence of product quality, personal selling, and halal certification on purchasing decisions of Oriflame products in Bantul, Yogyakarta. . This research uses the Theory of Planned Behavior (TPB) and Theory of Reasoned Action (TRA) theoretical approaches. This research uses a quantitative method with a questionnaire, involving 100 respondents selected using the Lemeshow formula. Independent variables include product quality (X1), personal selling (X2), and halal certification (X3), while the dependent variable is purchasing decisions (Y). Data analysis was performed using EViews 12 with normality tests, reliability, classical assumptions, multiple linear regression, T test, F test and R2 test. The results showed that the three independent variables had a positive effect on purchasing decisions, with an Adjusted R² value of 82%, while 18% was influenced by other factors not mentioned in this study.

Keywords


kualitas produk, personal selling, sertifikasi halal, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdul Salam, A. A. (2022). Pengaruh promosi, brand Image dan shopping lifestyle terhadap impulse buying di Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Margoluwih, Sleman). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, XII(2503-1872), 117.

Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Jurnal Manajemen, 35.

Afifah Nur Rohmah, R. B. (2024). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Pada Pengguna Tiktok. Journal of Computer Science and Information Systems (JCoInS), 70.

Al Haq Kamal, A. Y. (2022). Pengaruh Harga Kredibilitas Religiusitas Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Transaksi pada Produk Paytren di Kota Yogyakarta. Jurnal Rekognisi Ekonomi Islam, 1, 95.

Aldini Nofta Martini, A. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. JURNAL AKTIVA : RISET AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 48-49.

Alfia Febriatu Sholikhah, H. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN MIE GACOAN DI BEKASI TIMUR. JURNAL ECONOMINA, 704.

Amadea Cahyana Joelyismianto, K. I. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ORIFLAME DI DENPASAR (STUDI KASUS PEMBELIAN ORIFLAME DI KALANGAN MAHASISWA). Jurnal Maisyatuna - Jurnal Prodi Ekonomi Syariah, 2.

Atika Amalia, M. (2022). ENGARUH SERTIFIKASI HALAL, HARGA DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE WARDAH DI JAKARTA. PERBANAS JOURNAL 0F ISLAMIC ECONOMICS & BUSINESS, 158-159.

Didik Harjadi, I. A. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Penerbit Insania. Retrieved Oktober 2021

Dinka Wardah Robiah, M. N. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME Journal of management, 440-441.

Dyah Ayu Rara Sukmawati, M. M. (2022). Pengaruh Promosi, Harga. dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 597.

Edarlina, W. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MEREK CITRA HAND AND BODY LOTION DI PARIAMAN. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 12.

Edwin Chrisday Sembel, W. J. (2024, Oktober). ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PT. ORIFLAME CABANG MANADO. Jurnal EMBA, 12, 150.

Ghozali. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, A. (2024). PENGARUH LABELISASI HALAL, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK TTEOKBOKKI MUJIGAE RESTO. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. eprints.untirta.ac.id.

Haryo Limanseto, J. B. (2024, Februari 3). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Hatmawan, S. R. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Yogyakarta.

Hidayat, M. S. (2021, Oktober). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COFFEE SHOP DI KOTA GRESIK. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 361.

Ismunandar, M. &. (2021). PENGARUH LABELISASI HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KOTA BIMA. Jurnal Inovasi Penelitian, 165.

Marlina. C. Rangian, R. S. (2022). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MS GLOW SKINCARE DI KOTA TOMOHON. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 284.

Nazri, A. (2021, November 3). Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Produk HNI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (JIMPAI), 14.

Nazri, A. (2021, November). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hni (Studi Pada HNI Business Center Medan 1). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1, 2.

Okto Viandra Arnes, B. S. (2023). Analisis Fatwa DSN-MUI No.75 DSN-MUI/VII/2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Berkaitan dengan MLM. AICOLS (Annual International Conference on Law and Sharia), 71-72.

Oriflame, P. (2024). Tentang Oriflame. Retrieved from https://corporate.oriflame.com/about-oriflame/who-we-are/

R. Rohana, A. I. (2015). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MULTILEVEL MARKETING ORIFLAME TERHADAP KEPERCAYAAN DISTRIBUTOR SEBAGAI MITRA USAHA . Jurnal Komunikatio, 79.

Ranata Silvia, R. A. (2023, Juli). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CILLO COFFE. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan.

Research, I. M. (2023). Top Halal Award 2023. Retrieved from https://ihatec-mr.com/top-halal-award-2023/

Siregar, S. A. (2024). Kumpulan Jurnal Terakreditasi Sinta (Akuntansi Pajak). Belajar Akuntansi Online.

Syifa Inayatuzzahra, R. C. (2024). PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KUE. Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital dan Manajemen, 57.

TINI, M. S. (2019). PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KACAMATA PADA AGUNG OPTIK DI KOTA PALU. JURNAL ILMU MANAJEMEN UNIVERSITAS TADULAKO.

Umi Latifah, Y. B. (2021). Analisis Keputusan Musyawarah Nasional Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama Tahun 2019 Tentang Hukum Bisnis Multi Level Marketing. ASAS Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 5-8.

Wanda Intan Aghitsni, N. B. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR DIKOTA BOGOR. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6, 40-41.

Widya Rahmawati, T. E. (2024). Pengaruh Lifestyle, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Elzatta Di Kabupaten Purbalingga. Majalah Ilmiah Manajemen & Bisnis (MIMB), 132.

Yosua, A. (2021). PENGARUH PERSONAL SELLING, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN (TRUST) KONSUMEN DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN POLIS ASURANSI. Jurnal Syntax Transformation, 1698.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v14i1.23488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Uswatun Khasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara