PANDANGAN ULAMA DAN MEDIS DI KABUPATEN BANDUNG TERHADAP TERAPI RUQYAH SEBAGAI SARANA DALAM MENGOBATI ORANG YANG MENGALAMI GANGGUAN JIWA

Fitriah Andriyani, Oky Ashari, Rindi Audyta, Tiya Nuryani, Tiara Octaviani, Tuti Alawiyah, Yasinta Nurul, Zahra Wahyuni, Tedi Supriyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif ulama dan tenaga medis terhadap pengobatan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) melalui terapi ruqyah. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan cara menggali informasi dari narasumber dengan wawancara secara langsung. Partisipan yang mengikuti penelitian ini terdiri dari 3 orang ulama, 1 orang praktisi ruqyah, dan 1 orang tenaga medis. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Manarul Huda, Pondok Pesantren Addzimat Da'I Indonesia, Pondok Pesantren AR-Rohmat, Rumah Praktisi Ruqyah dan media zoom meeting. Metode Rugyah digunakan sebagai media penyembuhan gangguan jiwa. Ruqyah sendiri adalah yang menggunakan ayat ayat Al-Qu'an dan do'a-do'a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Terapi Ruqyah disarankan oleh ulama karena memiliki dampak positif, namun juga perlu diintergrasikan dengan perawatan medis konvensional. Observasi dan penelitian lebih lanjut diperlukan dalam penerapan terapi ruqyah untuk mengobati gangguan jiwa.

Keywords


Terapi Ruqyah, Gangguan Jiwa

References


Adrianto. (2017). “Kesantunan Berbahasa dalam Perpektif Hukum Islam”. Jurnal Hukum Islam. 1-15.

Aini, dkk. (2021). “Strategi Menanamkan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. 2(1), 32-45.

Anwar, Syaiful. (2016). “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa”. Jurnal Pendidikan Islam. 7, 1-13.

Arni A. (2021). Implementasi Ruqyah Syar’iyah sebagai Alternatif Psikoterapi dalam Kajian Psikologi Islam. Jurnal Studia Insania, 9(1), 1-22.

Daniel Simanjuntak. (2017). “Etika Berbahasa Perspektif Al-Qur’an”. Yurisprudensi Ekonomi. 3(2), 55-69.

Harlina dan Ratu Wardarita. (2020). “Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Bindo Sastra. 4(1), 63-68

Harmuzi H. (2020). Studi Fenomenologi Ruqyah Syar’iyyah Pengalaman Transformasi Kesehatan Mental Di Biro Konsultasi Psikologi Tazkia Salatiga. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 112-135.

Kamsi, Nurlila. (2020). “Prilaku Belajar dalam Konsep Pendidikan Islam”. Jurnal Edification. 2(2), 18-36.

Lamuddin Finoza. (2022). Komposisi Bahasa Indonesia. Cetakan ke-8 Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Maharany, Indah dkk, (2023) “Integrasi Nilai Nilai Islam dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Religion (Agama, Sosial dan Budaya). 1(2), 341-347

Puspitasari, Novi dkk. (2022). “Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3(1), 57-68

Ristianah, Niken. (2020). “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan”. Jurnal PAI. 3(1), 1-13.

Saeful, Achmad dan Ferdinal Lafendry. (2021). “Lingkungan Pendidikan dalam Islam”. Jurnal Tarbawi. 4(1), 50-67

Sitepu, Sripiyani dan Salminawati. (2023). “Integrasi Nilai-Nilai Islam pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Ansar Tanjung Pura Langkat”. Jurnal Kependidikan. 12(3), 275-286.

Suciniati, S. (2019). Terapi Kesehatan Mental Melalui Ayat-Ayat Suci Al-Quran (Studi Kasus Kh. Imam Di Dusun Blajud). Reflektika, 14(1), 59-100.

Suhendi, S., FW, M. F., & Pd, D. S. (2020). Metode Ruqyah dan Hipnoterapi dalam Penyembuhan Gangguan Jiwa di Lembaga El-Psika Al-Amien Prenduan. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 136-151.

Susanto D. (2014). Dakwah Melalui Layanan Psikoterapi Ruqyah Bagi Pasien Penderita Kesurupan. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 313-334.

Sitorus, dkk. (2023). “Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia di Kalangan Mahasiswa Universitas Asahan”. Jurnal Komunitas Bahasa. 11(1), 59-68.

Syafei, Ahmad dan Kelvin Wahana Putra. (2023). “Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Dakwah Keagamaan”. Jurnal Protasis (Bahasa, Sastra, Budaya dan Pengajarannya). 2(1), 15-20

Widayanti, Wahyu dkk. (2023). “Systematic Literature Review: Penggunaan Komik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Imajeri (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). 5(2), 116-124.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v13i2.20388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rindi - Audyta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara