Analysis of the Role of the Family in Students' Islamic Religious Education

Maulida Salsabila, Melan Damayanti, Nur Halimah, Feni Septianingsih, Pani Akhirudin Siregar

Abstract


Education to students is through three educational institutions, namely family, school, and community, and the three cannot stand alone, but all three are interconnected links that cannot be separated from one another, because one is the completion of the other. The study aims to determine the implementation of parental responsibility in children's education and determine the factors that affect children's education. In this study, researchers used a qualitative approach. From the results of research on strengthening the role of the family in children's education, it was concluded that: (1) Family responsibility in children's education, namely the family displays an action or behavior that can be imitated, imitated, and exemplified by children, as well as education of good habits, for example parents must set an example of teaching congregational prayer, guiding prayer, and training children's prayer.

Pendidikan kepada anak didik yaitu dengan melalui tiga lembaga pendidikan, yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat, dan ketiganya tidak bisa berdiri sendiri, tetapi ketiganya merupakan mata rantai yang saling berhubungan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya, sebab yang satu adalah penyempurna yang lainnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tanggung jawab orangtua dalam pendidikan anak dan mengetahui faktor yang mempengaruhi pendidikan anak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian tentang penguatan peranan keluarga dalam pendidikan anak didapat kesimpulan bahwa: (1) Tanggung jawab keluarga dalam pendidikan anak, yaitu keluarga menampilkan sesuatu perbuatan atau tingkah laku yang bisa ditiru, dicontoh, dan diteladani oleh anak, serta pendidikan kebiasaan-kebiasaan yang baik, misalnya orangtua harus memberi contoh mengajarkan shalat berjamaah, membimbing ibadah shalat, dan melatih ibadah shalat anak. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan anak, yaitu terdiri dari faktor keluarga yang berperan sebagai pendidik dan motivator bagi anak dan faktor lingkungan, yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah termasuk teman sebayanya, lingkungan sekitar, motivasi anak serta dari intelegensi anak itu sendiri.


Keywords


Family Environment, Student Understanding, Learning Islam

Full Text:

PDF

References


Drajat, Z. (1996). Ilmu pendidikan islam . Jakarta.

lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam keluarga. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Ruli, e. (2020). tugas dan peran orang tua dalam mendidik anak. jurnal edukasi nonformal, 143-146.

Rustina. (2014). Keluarga Dalam Kajian Sosiologi. Jurnal MUSAWA, Vol. 6 No. 2, 290-291.

Sugiyono. (2012). metode penelitian kuantitatif dan kualitatif . Alfabeta.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 13 (1), 25-38.

Abdullah husin, Model Pendidikan Al-Lukman hakim. Kajian Tafsir Pendidikan Anak dalam surah Luqman. (Yoqyakarta: 2013), hlm.78

Abdullah, Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam, (Bandung: 1990), hlm. 142

Budiyono M. (2011) Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Griya Santri.

Azwar (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Amini, Ibrahim, (2006). Agar Tidak Salah Mendidik Anak. (Jakarta: Al-Huda).

Abdul Rahman S, Pendidikan Agama dan Keagamaan, (Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa, 2000), hlm. 96

Aris, 2022. Ilmu Pendidikan islam. Cet 1. Cirebon: Yayasan Wijayata Bestari Samasta.

Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jilid I (Jakarta: UI Press,1979),1989), hlm. 24

Abdul Mujib &Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group ,2008), hlm. 27-28

Fathiyah Hasan Sulaiman, Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali,terj. Fathur Rahman, (Bandung: al-Ma’arif, 1986), hlm.24

Akbar, T. S. (2015). Manusia dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun dan

John Dewey. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan

Pengajaran, 15(2), 222-243

Hamim, N. (2014). Pendidikan Akhlak: Komparasi Konsep Pendidikan Ibnu

Miskawaih dan Al-Ghazali. Ulumuna, 18(1), 21-40.

Tafsir, A. (2017). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, A., & Andayani, D. (2004). Pendidikan agama Islam berbasis kompetensi:

konsep dan implementasi kurikulum 2004: Remaja Rosdakarya.

Bahri, S.&Muzaki ,I.A.(2021). Peran Pendidikan Agama Islam DalamKeluarga dan Masyarakat. Al-Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum, Dan Pendidikan, 6(2), 149-149.

Rahmadani, S, Junaedi Sitika, A, &Darmayanti,A (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat. 5(2) , 221-226.

Zakiyah drajat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: 1996, hlm. 89

Ruli,E.(2020). Tugas Dan Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143-146.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v13i1.20362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Melan Damayanti, Maulida Salsabila, Nur Halimah, Feni Septianingsih, Pani Akhirudin Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara