Meningkatkan Fokus Siswa Kelas 1 dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode Demonstrasi di MI Bahrul Ulum Bengle
Abstract
Mata pelajaran PAI kelas I di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum Karawang menjadi subjek penelitian tindakan kelas (PTK). Permasalahan tersebut termasuk suasana belajar yang monoton, siswa yang tidak antusias mengikuti pelajaran, siswa yang tidak kondusif, dan siswa yang tidak berkonsentrasi di kelas. Hal ini terjadi karena ceramah masih menjadi cara utama dalam mengajar. Metode pembelajaran demonstrasi adalah perbaikan yang kami pilih. Siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum Karawang, yang berjumlah 30 orang, adalah subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi praktik mengajar, wawancara, dan observasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran demonstrasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki dampak positif pada pembelajaran siswa. (2) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bahrul Ulum Karawang dilihat dari persentase peningkatan pada siklus I sebesar 50%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 88,89%. Indikator tersebut terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Demonstrasi. Semangat siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam terus meningkat dari waktu ke waktu. Hubungan edukatif antara guru dan murid pun menjadi lebih baik dan bermakna. Penerapan teknik Demonstrasi dalam penelitian ini dinilai berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Hasil belajar, Pembelajaran, Demonstrasi
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v13i2.20166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Putri Hoyrun Nisa Amini, Putri Nur Azizah Azzahro, Rizki Fadillah, Nur Aini Farida, M Makbul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/
Publisher: