Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis EEW (Exam Enginbot Web) pada Pemahaman Pembelajaran Agama Islam
Abstract
Sistem evaluasi pembelajaran di lembaga-lembaga pendidikan memiliki tuntutan pencapaian yang dan kreteria pengukuran yang luas di samping itu mekanisme dan perangkat yang digunakan masih menggunakan sistem klasik (berbentuk kertas dan tulisan), dan ada juga yang bersifat semi modern (menggunakan aplikasi googleclasroom) yang juga memiliki keterbatasan rekapitulasi nilai, jadwal serta tidak memiliki inventory soal atau Bank Soal dalam memperkaya pembahasan suatu materi. Dalam Exam Enginebot Web ini seorang pendidik akan dibatu dalam melengkapi salah satu persyaratan dalam proses pembelajaran yaitu evaluasi yang dapat di ulang-ulang dengan jenis soal yang berbeda dan terstruktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survey yang di kombinasikan dengan metode analisis kualitatif deskriptif yaitu dengan mengumpulkan dokumen-dokumen yang menjadikan data berupa dokumen publik (misalnya koran, makalah, laporan kantor) ataupun dokumen privat (misalnya buku harian, soal UTS, soal UAS, diari, surat dan email) yang ada pada objek penelitian yaitu mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif berjumlah 2 kelas (65 mahasiswa ). Luaran yang akan dicapai yaitu: sebuah aplikasi evaluasi berbasis web yang dapat digunakan oleh seluruh tenaga pendidikan (dosen, guru, PLP, asesor, peneliti) dalam mengukur ketuntasan pembelajaran, evaluasi kinerja berbasis web. Penelitian ini juga akan menghasilkan buku panduan dan pengembangan aplikasi dan panduannya, ber ISBN. TKT dalam penelitian ini berawal dari pada level 2 yang memiliki formulasi konsep teknologi dan aplikasinya, tujuan dari penelitian ini akan menuju TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) level 3 yaitu tahap Pembuktian konsep (proof-of-concept) fungsi dan/atau karakteristik penting secara analitis dan eksperimental.
Full Text:
PDFReferences
Hastanti, R. P., & Purnama, B. E. (2015). Sistem penjualan berbasis web (e-commerce) pada tata distro kabupaten pacitan. Bianglala Informatika, 3(2).
Ibrahim, A., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website pada PDAM Kota Ternate. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 3(1).
Kurniawan, F. (2012). Buku Pintar Pengetahuan Olahraga.Jakarta: Laskar Aksara.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.
Soepeno, B. (2014). Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding Malang. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2(1), 63-69.
Sri Wahyuni, Abd Syakur Ibrahim, Asessmen Pmebelajaran Bahasa,(Bandung: Refika Aditama, 2012), h. 3
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i2.13587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica