PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN LHOKSEUMAWE

Cut Intan Hayati, Saiful Bahri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Lhokseumawe pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan data alamiah (lapangan). Di mana peneliti mendeskripsikan gejala-gejala atau keadaan yang ada yakni keadaan yang sebenarnya terjadi di lapangan  pada saat penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen wawancara dan observasi serta dokumentasi yang berhubungan dengan pembelajaran SKI di Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) serta data pendukung lainnya yang dibutuhkan oleh peneliti. Hasil penelitian diperoleh dari kesulitan mahasiswa dalam memahami pembelajaran SKI adalah sebagai berikut: pertama, Kedua, rendahnya kegiatan literasi mahasiswa. Kedua, metode yang digunakan oleh dosen cenderung monoton Ketiga, kurangnya sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran SKI

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Dudung, Metodologi Penelitian Sejarah (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007)

Azmi Rizky Annisa dkk, ‘Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia’, in Conference Series Journal (Curent Research in Education, 2021), p. 3

Departemen Agama, Pedoman Khusus Sejarah Kebudayaan Islam (Jakarta: Depertemen Kemenag, 2004)

Diah Nugraheni, ‘Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Mekanika’, Edusains, 5.1 (2017)

Ismail, ‘Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah’, Edukasi, 2.1 (2020), 34

Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2010)

KMA, No. 165 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Mapel Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Pada Madrasah, 2014

———, Nomor. 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Pada Madrasah, 2019

Nurul Indana, ‘Upaya Guru Mengatasi Problematika Pembelajaran SKI Berbasis Al-Qur’an Di MTs Al-Urwatul Wutsqo Jombang’, Cendikia, 5.1 (2019), 48

Partowisastro, Koestoer, Diagnosa Dan Pemecahan Kesulitan Belajar I (Jakarta: Erlangga, 1986)

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Wardana, Ahddar Djamaluddin dan, Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (Pare-Pare: Kaffah Learning Center, 2019)

Warto, Internalisasi Nilai-Nilai Sejarah Sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Nasionalisme Dan Sadar Sejarah Kepada Generasi Muda (Yogyakarta, 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i2.13501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara