PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 25 RANTAUPRAPAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Samsul Bahri, Niar Nasution, Maya Syahfitri Hasibuan, Ayu Zahara Sumantri, Nurul Arafah Sirega, Islah Hayati Ritonga

Abstract


Salah satu alternatif yang dapat diambil dalam pembelajaran sastra khususnya dalam pembelajaran menulis puisi yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yang berupaya membangkitkan motivasi, kreativitas, dan keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran Quantum Teaching terhadap pembelajaran membaca puisi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 25 Rantauprapat. Sampel diambil dengan teknik probability sampling, Sampel diambil secara acak dengan undian tanpa membeda-bedakan siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah. Jumlah sampel 28 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Wilcoxon. Hasil penelitian Kemampuan membaca puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 25 Rantauprapat sebelum diterapkan metode Quantum Theaching tergolong kategori kurang. setelah diterapkan metode pembelajran quantum teaching, rata-rata Kemampuan membaca puisi siswa tergolong kategori Baik. terdapat peningkatan kemampuan membaca puisi pada 25 orang siswa dari 28 orang siswa dengan nilai mean rank 13.64. Kesimpulan Terdapat pengaruh metode Quantuum Teaching terhadap kemampuan membaca puisi. Metode Quantum Teaching ini perlu diterapkan untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa.

Full Text:

PDF

References


Suryani, E. (2017). "Penerapan Teknik Pemodelan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.2, (3), 65-74.

Aminuddin. (2014). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo. hal 20

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hal 106

Mansyur, U. (2016). "Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses". RETORIKA Jurnal bahasa sastra dan pengajarannya. 9, (2), 158-163

Harmono, S. (2017)."Pengaruh Model Pembelajaran Quantum dan Gaya Belajar Terhadap Pemahamn Konsep Tual dan Keterampilan Gerak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa SMA Kota Kediri". Jurnal Pembelajaran Olahraga. 3, (1), 104-114.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media. Hal 241

DePoter, Bobbi, Mark Readon, dan Sarah Singer-Nourie. (2010). Quantum Teaching. Bandung: Mizan Pustaka.Hal 334

Teuku Mahmud, (2020) Efektivitas Pembelejaran Quantum Learning terhadap peningkatan ketrampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2020

Pipit Indah Anggraini (2016) Penerapan metode Pembelajaran Quantum Teaching terhadap terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas X jurusan ilmu-ilmu social sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjungpinang T.A 2015-2016 E-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Maritim Raja Ali Haji

Riris Nur Hidayah, Agus Darmuki, Cahyo Hasanudin, (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Quantum Learning dan Media Video pada Siswa Kelas X IPA I SMA Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i2.13207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara