HAKIKAT KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM MENUJU PENGHAMBAAN DIRI KEPADA ALLAH SWT (Kajian Tafsir Surat Al-Baqarah: 30 dan Korelasinya dengan Surat Adz-Dzariat; 56)

SYAFRIA ANDY

Abstract


ABSTRACT
Kepemimpinan selama ini diberadakan dengan terpisah dari manusia sebagai prilaku kehambaannya kepada Allah Swt., sehingga prihal dalam memimpin bagi seorang pemimpin tidak memperoleh keberhasilan yang maksimal bahkan dinyatakan gagal. Kegagalan tersebut dapat dilihat dari ketidak-adilan yang mengakibatkan kedamaian dan kesejahteraan yang tidak ada. Disamping itu, terdapat keluhan dari seorang hamba bahwa ibadahnya tidak ada arti, karena kondisi kehidupannya selalu digeluti oleh ketidak-adilan. Ia berdoa untuk kesejahteraan hidupnya, namun doanya tidak terkabulkan.
Hakikat kepemimpinan dalam Islam mengantarkan seorang hamba kepada penghambaan sejati kepada Allah Swt. Pemimpin yang adil akan hadir untuk mendamaikan dan mensejahterakan anggota atau mayarakatnya bila ia memiliki ketaatan kepada Allah Swt. Wujud ketaatan terebut muncul dari pengalaman yang dialami oleh kakek moyangnya, yaitu Adam As. Begitu juga anggota atau masyarakatnya memiliki peranan dalam menghadirkan calon atau pemimpin yang taat kepada Allah Swt. Ketaatan tersebut dapat hadir dengan seorang hamba baik pemimpin maupun anggota atau masyarakat untuk menyadari bahwa mereka adalah makhluk yang tidak luput dari lupa dan salah. Dengan kesadaran itu telah mengundang diri mereka untuk selalu bergantung kepada Allah Swt., agar tidak lupa (diingatkan-Nya) dan tidak salah (diberikan petunjuk/kebenaran).
Kondisi alam yang penuh dengan keadilan dan mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan (rahmatan lil-alamin) merupakan tempat yang diharapkan oleh pemimpin dan anggota atau masyarakatnya dalam sebuah kepemimpinan yang berhasil. Kondisi tersebut hadir dari penjelasan dalam hakikat kepemimpinan dalam Islam untuk menuju penghambaan diri kepada Allah Swt.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Penghambaan Diri.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/alharakah.v2i02.6420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P ISSN 2355-1291

E ISSN 2685-5127

 

Free counters!

  StatCounter - Free Web Tracker and Counter