Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn melalui Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint pada Siswa Kelas VI C SD Negeri 064025 Medan

Hadi Widodo, Nur Trikurniawati Cahyadi, Nur Trikurniawati Cahyadi, Dewi Purnama Sari, Dewi Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn menggunakan media pembelajaran powerpoint pada siswa kelas VI C UPT SD Negeri 064025 Medan.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan desain mengadopsi dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI C sejumlah 29 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data analisis secara deskriptif-naratif sebagai ukuran keberhasilan proses perbaikan pembelajaran. Dari hasil analisis data penggunaan media pembelajaran powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI C. Penggunaan media powerpoint dapat lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji, pesan informasi secara visual juga mudah di pahami peserta didik. Meningkatnya ku alitas d an hasil belajar dapat dibuktikan dengan peningkatan kualitas pada ranah kognitif dari tes yang disajikan sebelum tindakan sebesar 67,24 meningkat menjadi 68,97 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 87,58 pada siklus II. Sedangkan pada ranah afektif dari siklus I sebesar 71,93 meningkat menjadi 76,14 pada siklus II. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran powerpoint terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VI C SD Negeri 064025 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Keywords: Hasil Belajar Ppkn, Media Pembelajaran Powerpoint

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, Abu & Supriyono, Widodo. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta

Aqib, Zainal & Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian

Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Budi Utama

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Peneilitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran.

Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi.

Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Standar Proses.

Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata

Pelajaran PKn. Jakarta:Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2012. Media Pembalajaran. Bandung: PT. Saranan Tutorial Nurani

Sejahtera.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Indriana, Dina. 2011.Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta:

Divapress.

Lestari, Novia. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jawa

Tengah: Lakeisha.

Lubis, Maulana Arafat. 2020. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI. Jakarta: Kencana.

Mardiyah, Atik. 2013. Penerapan Multimedia Powerpoint untuk Meningkatkan

Minat dan Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV SD ISLAM PK

Muhammadiyah Delanggu Klaten tahun 2012/2013. Klaten. Cetakan sendiri

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, Abu & Supriyono, Widodo. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta

Aqib, Zainal & Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian

Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Budi Utama

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Peneilitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran.

Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi.

Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Standar Proses.

Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata

Pelajaran PKn. Jakarta:Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2012. Media Pembalajaran. Bandung: PT. Saranan Tutorial Nurani

Sejahtera.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Indriana, Dina. 2011.Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta:

Divapress.

Lestari, Novia. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jawa

Tengah: Lakeisha.

Lubis, Maulana Arafat. 2020. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI. Jakarta: Kencana.

Mardiyah, Atik. 2013. Penerapan Multimedia Powerpoint untuk Meningkatkan

Minat dan Hasil Belajar PPKn Peserta didik Kelas IV SD ISLAM PK

Muhammadiyah Delanggu Klaten tahun 2012/2013. Klaten. Cetakan sendiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Slot gacor maxwin