UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SRRIPT PADA MATERI PUASA DI SMP NEGERI 16 MEDAN
Abstract
Karya penelitian membahas upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi puasa di SMP Negeri 16 Medan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya hasil belajar yang ditandai minimnya siswa yang mampu melampaui nilai KKM. Dalam penelitian ini ditawarkan penggunaan metode Cooperative Script dalam pembelajaran PAI materi pokok puasa.
Rumusan permasalahan yang dikemukakan adalah ”Apakah metode Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi puasa di SMP Negeri 16 Medan? Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar materi pokok puasa pada kelas VIII SMP Negeri 16 Medan Tahun Akademik 2017/2018. Data yang peroleh menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 61,5, pada siklus 1 meningkat lagi menjadi 69,25, dan pada siklus 2 naik menjadi 90,25. Adapun data ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 25%, pada siklus 1 sebesar 47,50%, dan meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 97,50%..
Keywords: Puasa, Cooperative Script, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Ahmadi, A. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Alit, M. (2012). Pembelajaran Kooperative: Apa dan Bagaimana. Cirebon: Bungko Lor. Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Broto, B. S. (2007). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. DEPDIKBUD. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Hufad, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas: Program Peningkatan Kualifikasi Guru PAI di Sekolah. Jakarta: Dirjen PAI DEPAG RI. Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Bebasis PAIKEM. Semarang: Rasail.
Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Junaidi, M. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Konsep dan Implementasi di Madrasah. Yogyakarta: Pilar Media.
Miftahul, A. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press.
Muslam. (2008). Pengembangan Kurikulum PAI (Teori dan Praktis). Semarang: PKPI2.
Mustaqim. (2007). Ilmu Jiwa Pendidikan. Semarang: Andalan.
Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, N. (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2005). dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsaputra, U. (2015, Mei 25). Wordpres. Retrieved Oktober 10, 2016, from http://uharsaputra.wordpress.com.
Suryabrata, S. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (1999). Psikologi Belajat. Jakarta: Logos.
Syakur, F. (2005). Teknologi Pendidikan. Semarang: Walisongo Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v8i1.9347
Refbacks
- There are currently no refbacks.