Analisis Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Sebelum Menggunakan Modul Dengan yang Sesudah Menggunakan Modul Pokok Bahasan Integral Pada Siswa Kelas XII SMA Swasta Teladan Binjai Tahun Pembelajaran 2007/2008
Abstract
Abstract: Analisis perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan yang sesudah menggunakan modul pokok bahasan integral pada siswa kelas II SMA Teladan Binjai tahun pembelajaran 2007/2008. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan yang sesudah menggunakan modul pokok bahasan integral pada siswa kelas II SMA Teladan Binjai Tahun Pembelajaran 2007/2008. Untuk memperoleh data yang diperlukan pada penelitian ini digunakan test objektif yaitu untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan yang sesudah menggunakan modul. Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata data siswa sebelum menggunakan modul yaitu 7,05 dengan simpangan bakunya 1,43. Rata-rata data siswa sesudah menggunakan modul 7.983 dengan simpangan bakunya 1,25. Hasil ini menunjukkan bahwa pengajaran dengan menggunakan modul pada penguasaan materi pokok bahasan integral kelas II SMA Teladan Binjai Tahun Pembelajaran 2007/2008. Dengan demikian, terdapat perbedaan rata-rata dengan persentase sebelum menggunakan modul 76,6 % dan yang sesudah menggunakan modul 93,3 % dengan kenaikan 16,7 %. Jadi, rata-rata data siswa menggunakan modul lebih tinggi 16,7 % dari pada rata-rata data siswa sebelum menggunakan modul.
Keywords: Hasill belajar Matematika sebelum dan sesudah mengunakan modul
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, suharsimi. 1994. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Brata, Surya. 1992. Simtem Pengajaran Modul. Jakarta : Bintang Merdeka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hudojo, Herman. 1987. Belajar – Mengajar. Jakarta : Depdikbud.
Noormandiri, B.K.2000. Matematika SMU II. Jakarta : Erlangga.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Wirodikromo, sartono. 2007. Matematika SMA Kelas X II. Jakarta : Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8528
Refbacks
- There are currently no refbacks.