Reformulasi Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

Ahmad Calam, Ainul Marhamah, Ilham Nazaruddin

Abstract


Abstract : Sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan yang diberi tugas mewujudkan tujuan pendidikan, maka harus melakukan perannya dengan benar. Dalam menjalankan peran suatu institusi pendidikan, sekolah harus dikelola dengan baik untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang telah diformulasikan secara optimal. Manajemen sekolah yang tidak profesional dapat menghambat proses pendidikan dan dapat menghambat sekolah untuk sebagai lembaga pendidikan formal. Visi dan misi adalah elemen di sekolah, di mana visi dan misi ini digunakan untuk operasinya yang bergerak di jalur yang diamanatkan oleh kepentingan dan harapan untuk mencapai kondisi yang diinginkan di masa depan sebagai perwujudan dari Tujuan. Hasil analisis pada dasarnya; Pertama, penyusunan visi dan misi sekolah tidak perlu peninjauan mendalam dan melibatkan semua pemangku kepentingan sehingga apa yang kedua, visi dan misi sekolah mengandung banyak hal besar seperti mencapai sampai hal-hal kecil tapi sangat mendesak seperti anggaran tahunan, semua ini harus direncanakan sehingga dalam pelaksanaan identitas sekolah hanya dapat dilihat dengan membaca visi dan misi, Ketiga, Dalam rangka praktis visi dan misi tidaklah mudah meskipun semua pemangku kepentingan kepentingan yang terlibat tetapi masih sulit, oleh karena itu diperlukan pengawasan ketika kesulitan ini dan Keempat, Dalam mewujudkan sekolah yang memiliki kualitas baik perlu direncanakan dan Pengembangan. Perkenalan Lingkungan pendidikan yang sangat kompetitif saat ini akan berdampak pada tuntutan untuk selalu bangun keunggulan kompetitif, perbarui peta jalan organisasi secara berkesinambungan, penentuan langkah-langkah strategis di masa depan, penyebaran, sentralisasi kapabilitas dan komitmen seluruh staf dalam mewujudkan masa depan sekolah. Sekolah sebagai salah satu lembaga yang diberi tugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan harus melakukan perannya dengan benar.

Kata Kunci: Reformulasi, Visi Misi Tujuan, Sekolah.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2009). Beodi.Filsafat Ilmu (Kontempalsi Filosofis tentang seluk-beluk sumber dan tujuan Ilmu Pengetahuan), Bandung: CV Pustaka.

Akdon. (2006). Strategis Managemen for Educational Management, Bandung: Alfabeta.

Arifin, H.M. (2010). Kapita Selekta Pendidikan (Islam& Umum), Jakarta: Bumi Aksara.

Bukhari, Umar. (2010). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: AMZAH.

Bryson, John M. (2001). Perencanaan Strategis bagi Organisasi sosial, Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Mulyasa. (2005). Konsep, Strategis dan Implementasi, Bandung: Rosdakarya.

Harold, Koontz & Cyrill O’Donnell. (2005). Princeples of Manajemen to Analisysis Manajerial Funtion, Tokyo: Kogakusha Company Ltd.

Iwa Sukiswa. (2006). Dasar-dasar Umum Manajemen Pendidikan, Bandung: Tarsito.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Poerwadinata. (2016). W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indinesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Ramayulis & Syamsul Nizar. (2010). Filsafat Pendidikan Islam (Telah sistem pendidikan dan pemikiran para tokohnya), Jakarta: Kalam MUlia.

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. (2010). Buku Ajar Teory Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: UNJ.

Sinamo, Jansen. (2005). Visi dan Misi; Kekuatan atau Hiasan. Jakarta: Mandiri.

Syaodih, Sukmadinata. (2014). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.