Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavioral
Abstract
Abstract: Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui strategi dan upaya meningkatkan kesiapan belajar siswa melalui pendekatan Behavioral. Metode penelitian ini menggunakan penelitian berbasis literatur atau studi pustaka. Hasil pembahasan adalah meningkatkan kesiapan belajar siswa dapat dilakukan melalui pendekatan behavioral, pendekatan ini bertujuan bahwa aksi, pendidikan, dan pembelajaran dipandang sebagai inti dari terapi. Siswa mempelajari perilaku baru (adaptif) untuk menggantikan perilaku lama (maladaptif) sehingga siswa mendapatkan cara bertindak yang sehat dan konsruktif. Teknik yang digunakan adalah pengkondisian operan. Prinsip utama pengkondisian operan adalah penguatan positif, penguatan negatif, kepunahan, hukuman positif dan hukuman negatif. Hasil dari konseling adalah untuk meningkatkan perilaku target, yaitu siswa siap menerima pelajaran baru dalam proses pembelajaran.
Keyword: Belajar, Kesiapan belajar, Pendekatan Behavioral.
Full Text:
PDFReferences
Brammer, Lawrence M/ Everett L. Shostrom. 1982. Therapeutic Psychology. Fundamentals of Counseling and Psychotherapy. Presentise Hall, INC Engelwood Cliff. New Jersey.
Brunner, Jerome S. 1963. The Process of Education Vintage Book. New York.
Corey, G. 2009. Theory & Practice of Counseling & Psychotherapy. Belmont: Brooks/Cole.
Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka.
Fauziah. 2014. “Perbedaan Kesiapan Belajar Siswa yang Tinggal di Kos dengan yang Tinggal dengan Orangtua di MTsN Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling.” Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana FIP UNP.
Gantina, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Gunawan Heri. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabetha.
Gladding, Samuel T. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Terjemahan: Winarno dan Lilian Yuwono. Jakarta Barat: Indeks.
Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Nursapia Harahap. 2014. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’ Volume 08 No. 01.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Surya, M. 2003.Teori-Teori Konseling. Bandung: CV Pustaka Bani.
Suryabrata, Sumadi. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Prayitno. 2018. Konseling Profesional yang Berhasil. Layanan dan Kegiatan Pendukung. Depok: RajaGrafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7657
Refbacks
- There are currently no refbacks.